Bacaan Terbaru

Hiking “Rekreasi Tanpa Menguras Kantong”


Bagi teman-teman yang punya jiwa petualang, melakukan aktivitas di alam bebas bisa jadi merupakan hal yang sangat menarik dan menantang, apalagi buat kamu yang ingin lebih dekat dengan alam, kegiatan seperti camping dan hiking adalah hobi yang nggak bisa kamu tinggalkan di hari libur.

Kegiatan hiking atau mendaki gunung yang nggak menguras kantong ini ternyata punya segudang manfaat lho. Selain sebagai rekreasi dimana kamu bisa melihat pemandangan alam yang menakjubkan, kamu juga bisa mendapatkan manfaat kesehatan bagi tubuh. Berbagai penyakit serius bisa dihindari dengan olahraga murah meriah ini seperti obesitas, penyakit jantung, kolesterol, dan diabetes. Hiking juga membantu kamu menghilangkan stres dan penat yang kamu dapat akibat kesibukan di kota.

Hiking adalah aktivitas di luar rumah yg melibatkan jalan kaki, perbekalan makanan, tim/regu dan lingkungan perbukitan. Kita hanya dapat melakukan aktivitas ini di daerah pedesaan/pegunungan yg memang akrab dengan medan bukit, sungai, lembah dan sebagainya. Berbagai organisasi pecinta alam dan pendakian, termasuk pramuka, biasanya memiliki pengetahuan tentang hiking, Ranger di dalam taman nasional atau suaka alam biasanya memiliki peta dan berbagai perlengkapan.

Mungkin sebagian dari kamu lebih memilih santai di rumah daripada melakukan kegiatan yang melelahkan ini, udah bawa beban berat, eh masih lewat jalanan menanjak. Padahal, di balik ribetnya persiapan dan kesusahan itu, hiking membawa banyak dampak positif loh.

Salah satunya melalui kegiatan mendaki gunung sebagai salah satu bagian dari kegiatan kepecintan alam, yang boleh dikata dalam berkegiatan di alam merupakan laboratorium mini kehidupan, bukan hanya IQ nya saja tetapi ESQ nya juga terlatih dalam proses secara alami saat berkegiatan di alam.

Manfaat Hiking Untuk Kesehatan

Manfaat yang langsung dapat dirasakan oleh orang yang secara teratur melakukan kegiatan pendakian di gunung (termasuk di dalamnya ada latihan fisik secara teratur untuk persiapan pendakian), adalah "Lebih terjaga kesehatannya", seperti :
·    Mengatasi obesitas,  mendaki gunung membuat kita menggerakkan seluruh anggota badan sehingga mampu membakar lemak dan olahraga pelawan obesitas;

·    Mencegah penyakit jantung, Aktivitas jalan kaki secara teratur dalam hal ini melakukan pendakian dapat mencegah penyakit jantung, menyuguhkan aktivitas berjalan kaki diiringi pemandangan yang indah bisa menjadi pilihan olahraga yang tepat;

·    Menurunkan kolesterol, Salah satu cara mudah untuk menurunkan kolesterol ialah dengan berjalan kaki dan hiking atau mendaki gunung selain mengurangi resiko terkena penyakit jantung, juga mampu meningkatkan kolesterol baik (HDL);

·   Menurunkan tekanan darah, lakukan hiking atau mendaki gunung selama 30 menit dengan melewati track menanjak, maka dapat menjauhkan dari tekanan darah tinggi;

·    Mengurangi stres dan depresi, Olahraga memang terbukti menjauhkan Anda dari stres dan depresi, tidak hanya mengembalikan kebugaran tubuh tetapi juga sebagai ajang rekreasi;

·    Mencegah osteoporosis, Hiking atau mendaki gunung bermanfaat untuk meningkatkan kepadatan tulang dan kekuatannya. Salah satu jenis olahraga ekstrem ini pun mampu mencegah hilangnya kalsium dan kemungkinan patah tulang akibat osteoporosis; 

·    Suguhkan udara segar, hiking atau mendaki gunung  menyuguhkan udara segar dan belum tersentuh polusi;

·   Gerakan aerobik yang lengkap, Hiking menjadi latihan aerobik dengan gerakan yang lebih lengkap karena semua anggota tubuh ikut bergerak;

·     Dan beberapa manfaat lainnya yang berhubungan dengan kesehatan.

Banyak yang tidak menyadari bahwa mendaki gunung bukanlah kegiatan implusif (kegiatan sesaat, seperti orang yang sedang berwisata) karena kegiatan ini mengharuskan seseorang melakukan persiapan dengan baik. Karena kamu akan menjalani kegiatan ekstrem di alam bebas dimana kamu nggak akan banyak menemukan perumahan warga, sebaiknya persiapkan matang-matang barang yang kamu perlukan selama mendaki gunung.

Barang bawaan kamu seharusnya mencakup barang-barang esensial seperti makanan, perlengkapan P3K, tenda, pakaian ganti, alat komunikasi, dan lain sebagainya. Pastikan barang yang kamu bawa itu yang penting saja jadi kamu nggak perlu menambah beban tas untuk barang yang kurang penting.

Barang yang Diperlukan Untuk Hiking

·     Membawa Tas
Dari sekian banyak barang yang kamu bawa untuk mendaki, kamu pasti memperlukan tas untuk menampung semuanya. Besarnya tas ransel juga sebaiknya disesuaikan dengan banyaknya barang bawaan. Saat memilih tas ransel, pilihlah tas dengan kualitas bahan yang bagus dan kuat sehingga nggak mudah sobek atau putus. Kenyamanan ketika membawa tas juga harus menjadi perhatian utama karena selama perjalanan mendaki gunung kamu harus terus membawa tas dengan beban yang berat.
Berikut contoh gambar Tas :

·     Pakaian yang Dikenakan
Baju yang kamu pakai ketika hiking ada baiknya yang nyaman dan memudahkanmu bebas bergerak. Hindari baju dengan bahan katun berat karena jenis kain ini lama kering kalau basah. Pakaian dengan bahan polyster dan katun ringan sangat nyaman dipakai terlebih katun ringan menjaga tubuh tetap hangat. Pakai pula jaket tebal dengan penutup kepala karena udara di gunung sangat dingin. Jangan lupa pakai kaos kaki berbahan kain sintetis atau katun untuk menjaga kehangatan tubuh dari atas sampai bawah.
Berikut contoh gambar Pakaian :

·     Sepatu Gunung
Hindari memilih sepatu gunung yang menggunakan kanvas atau karet karena dapat dengan mudah robek. Sepatu gunung yang baik juga harus memiliki sifat anti air atau tahan air sehingga meskipun daerah dalam keadaan tidak baik, becek misalnya, sepatu dapat terjaga kenyamanannya untuk digunakan. Dari semua jenis sepatu jelas memiliki fungsi yang berbeda. Bagi Anda yang ingin mendaki gunung dengan medan yang tidak terlalu berat atau mungkin hanya untuk kegiatan outdoor, maka sepatu gunung dengan leher pendek adalah pilihan yang tepat. Namun, untuk Medan yang sangat berat tidak dianjurkan untuk memakai sepatu jenis ini. Sepatu tanpa leher akan membuat pergelangan kaki Anda lecet dan luka-luka, terutama bagian mata kaki.
Berikut contoh gambar Sepatu Gunung :

·     Tenda
Tenda diperlukan untuk berteduh dan beristirahat. Layaknya seperti rumah versi mini, ada banyak sekali jenis tenda dengan berbagai model, ukuran, kapasitas  dan beratnya. Kalau anda mendaki misalnya cuma berdua, ya ngapain bawa tenda dengan kapasitas empat atau enam orang. Mungkin cukup membawa tenda dengan kapasitas dua orang. Setidaknya ada dua hal yang mesti dipertimbangkan saat membeli tenda, yakni beratnya, kekokohan dan kualitas bahannya dalam menahan dingin, hujan serta angin. 
Berikut contoh gambar Tenda :

·     Sleeping Bag
Sleeping Bag atau kantung tidur berguna untuk menutupi tubuh anda pada saat tidur di dalam tenda sehingga badan kita tetap hangat. Tidak dapat dipungkiri, meskipun anda tidur di dalam tenda, biasanya masih belum cukup untuk menghalau dinginnya udara pegunungan saat malam hari. 
Berikut contoh gambar Sleeping Bag :

·     Kompor dan peralatan masak lainnya
Kompor dan peralatan masak dan makan diperlukan untuk memasak selama pendakian Bawalah kompor dan peralatan masak yang benar-benar dibutuhkan pertimbangkan juga ukurannya. Amat sangat tidak dianjurkan membawa kuali atau Gunakanlah kompor dan peralatan mini yang biasa digunakan untuk mendaki gunung. Ini bertujuan untuk kepraktisan dan meminimalisir beban yang dibawa. Untuk bahan bakarnya anda bisa menggunakan spirtus atau dengan menggunakan gas portable. Selain peralatan masak jangan lupa bawa juga peralatan makan seperti piring atau mangkuk atau nesting, sendok dan gelas.
Berikut contoh gambar Peralatan Masak dan Makan :

·     Bawa Alat Komunikasi
Jangan terlalu mengandalkan handphone ketika mendaki gunung ya Toppers karena mungkin saja kamu akan kehilangan sinyal di area gunung yang sangat pelosok. Alternatif alat komunikasi yang bisa kamu andalkan ketika menghadapi keadaan darurat, yaitu radio dua arah, personal locator beacons untuk mengirimkan sinyal bahaya, atau telepon satelit yang meski harganya mahal tapi ini alat terbaik untuk mendapatkan akses ke perumahan warga terdekat. Kita nggak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di gunung, entah itu cuaca yang tiba-tiba berubah atau kehilangan arah. Maka dari itu kamu harus membawa alat komunikasi untuk mendapatkan bantuan.
Berikut contoh gambar Alat Komunikasi :


LOKASI HIKING DI INDONESIA
Indonesia dianugerahi dengan alam yang indah dan lokasi hiking yang beragam. Mulai dari gunung, bukit, gua bahkan air terjun, tersedia di alam Indonesia. Beberapa dari tempat ini, sangat memukau pemandangannya dan selalu menarik perhatian wisatawan asing dan lokal.

Berikut Lokasi Hiking di Indonesia yang wajib untuk anda jelajahi :

·     CURUG SAWER
Air terjun masih menjadi lokasi wisata favorit di Indonesia, Curug Sawer adalah salah satunya. Terletak di Sukabumi, Jawa Barat. Dulunya lokasi wisata ini hanya sebuah air terjun berukuran kecil yang memiliki ketinggian 20 meter. Bahkan lokasinya saat itu tidak menarik karena ditutupi oleh tumbuhan dan dikabarkan angker. Tetapi dengan segala perubahan yang dilakukan, kesan angker ini pun hilang dan disulap menjadi lokasi indah dan dipenuhi para wisatawan.  Memasuki wilayah ini, kamu bisa melalui Jalan Gadog Sisi yang mengarah ke Desa Sukajadi di Kecamatan Tamansari.
Berikut contoh gambar Curug Sawer :

·     GUNUNG GEDE-PANGRANGO
Gunung Gede dan Gunung Pangrango adalah bagian dari Taman Nasional Gede Pangrango.  Ini adalah salah satu dari lima taman nasional pertama yang diumumkan oleh Indonesia pada 1980. Bagi para pendaki pemula, Gunung Gede-Pangrango adalah pilihan tepat untuk memulai hobi mendaki gunung. Kelebihan lainnya adalah kekayaan flora dari gunung ini, hutan pegunungan dari gunung ini merupakan salah satu yang terkaya di Indonesia. Gerbang utama menuju gunung ini bisa melalui Cibodas dan Cipanas.
Berikut contoh gambar Gunung Gede-Pangrango :

·     GUNUNG SEMERU
Semua yang doyan hiking tentunya hapal dengan Gunung Semeru, Jawa Timur. Gunung api tertinggi di Pulau Jawa ini terkenal dengan puncaknya, Mahameru. 3.676 meter dari permukaan laut, kawah Gunung Semeru dikenal dengan Jonggring Saloko. Tidak hanya alam, mitos dan sejarah dari pendakinya turut menyertai kebesaran nama Gunung Semeru.  Satu yang perlu diingat, gas beracun atau yang biasa disebut wedhus gembel sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian.
Berikut contoh gambar Gunung Semeru :

·     RANU KUMBOLO
Terletak di Jawa Timur, Ranu Kumbolo adalah sebuah danau yang berada di pegunungan Tengger-Semeru. Ranu Kumbolo berada di 2.500 meter di atas permukaan laut. Keindahan dari Ranu Kumbolo selalu menjadi pembicaraan banyak orang, di samping kemistisannya. Satu yang menarik dari destinasi ini adalah keberadaan sebuah prasasti yang diperkirakan peninggalan Kerajaan Majapahit. Ranu Kumbolo menjadi tempat istirahat bagi para pendaki untuk mencapai puncak Semeru.
Berikut contoh gambar Ranu Kumbolo :


Karena mendaki gunung adalah kegiatan yang mengedepankan kekuatan fisik, maka pastikan kondisi fisikmu tetap prima saat melakukan perjalanan di gunung. Jangan nekat untuk hiking jika kamu merasa kesehatanmu sedang buruk karena nanti akan berakibat fatal. Sebaiknya, perhatikan kesehatan tubuhmu seminggu sebelum hiking agar stamina tetap prima menjalani kegiatan mendaki gunung.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Hiking “Rekreasi tanpa menguras kantong, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Sarkomet berkata “Salam Satu Jiwa”.

Tidak ada komentar