Bacaan Terbaru

5 Tips Panduan Usaha Sampingan Untuk Karyawan


Seorang karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan, baik itu perusahaan besar ataupun perusahaan kecil, suatu saat mereka pasti ingin memiliki bisnis sendiri. Usaha sampingan untuk karyawan adalah sesuatu yang lumrah dan tidak dilarang oleh perusahaan. Sayangnya, banyak karyawan yang belum memulai usaha sampingannya karena alasan modal.
Tak heran, beberapa dari mereka meminjam uang ke bank sebagai modal usaha. Besar kemungkinan, jika tidak dikelola dengan baik, pinjaman tersebut akan membebani usahanya. Ujung-ujungnya, bukan penghasilan tambahan yang diperoleh, namun stres dan pusing karena harus membayar cicilan dan bunga pinjaman tersebut.
Perlu dipahami, diera ‘hukum ekonomi’ yang berlaku sekarang ini. Kita seperti dipaksa untuk menjadi orang yang berkecukupan secara finansial. Sementara profesi kerja yang kita tekuni saat ini belum (sebagian karyawan) merasakan hidup sejahtera. Maka, mau tidak mau, jika kita mau punya penghasilan lebih, sangat disarankan membuka usaha sampingan yang menguntungkan.
Nah bagi kamu memiliki keinginan untuk membuka usaha dan bekerja disaat bersamaan, berikut ini kami akan sajikan beberapa tips Panduan Usaha Sampingan Untuk Karyawan yang layak kamu coba :

5 Tips Panduan Usaha Sampingan Untuk Karyawan

1.    Disiplin
Memiliki bisnis sendiri sementara masih tetap bekerja dibutuhkan fokus dan disiplin. Kedua pekerjaan menanti untuk diselesaikan dengan sempurna. Kebanyakan karyawan yang memiliki bisnis sendiri gagal karena tidak bisa membagi waktu dengan baik. Di sela-sela pekerjaan kantor sibuk dengan bisnisnya sendiri. Akhirnya keduanya tidak bisa selesai. Untuk itu kedisiplinan wajib dinomor satukan bagi Anda yang berbisnis sambil tetap bekerja.

2.    Pilihlah Pekerjaan freelance/part time
Mengisi hari dengan kegiatan di kantor seharian tentu akan menghabiskan waktu dan tenaga. Karenanya jenis pekerjaan fulltime seperti ini memang tidak disarankan jika kamu memiliki rencana untuk memulai suatu bisnis. Kamu tidak akan bisa menyelesaikan pekerjaan utama dan bisnis secara baik. Kebanyakan orang yang memaksakan hal ini malah kehilangan keduanya karena tak bisa menjalankan satu pun dengan sempurna.
Sebagai solusinya cobalah cari pekerjaan yang sifatnya freelance atau part time. Biasanya jenis pekerjaan seperti ini Anda tetap bisa mendapat uang tambahan di sisi lainnya, uang yang didapatkan bisa kamu manfaatkan sebagai tambahan modal guna membiayai bisnis impianmu tersebut.

3.    Hindari Pemakaian Modal Besar
Berbisnis sambil bekerja memang dituntut untuk mengelola modal dengan benar. Apalagi Anda yang baru memulai bisnis. Salah dalam pemakaian modal, sementara lika-liku bisnis begitu paham, yang didapatkan justru kerugian. Ditambah lagi waktu pengelolaan bisnis juga terbatas. Maka memulai bisnis dengan modal yang tidak terlalu besar adalah pertimbangan tepat.
Demi menjaga stabilitas keuangan jangan dulu bermain dengan bisnis besar, sebaliknya mulailah dulu dari bisnis yang kecil. Kamu dapat memilih misalnya bisnis pakaian, makanan, atau kosmetik dalam skala kecil yang resikonya tak terlalu besar.


4.    Manfaatkan waktu di weekend
Anda bisa memanfaatkan waktu libur atau weekend untuk mengurusi bisnis. Anda bisa mengecek sekaligus menyiapkan segala hal yang dibutuhkan selama seminggu ke depan. Bisa pula Anda gunakan untuk menemui klien-klien di hari libur.
Melakoni kegiatan seperti itu tentu akan membuatmu merasa lebih lelah karena saat karyawan lain beristirahat kamu malah harus tetap bekerja mengurus bisnis. Akan tetapi bukankah bila usaha ini sudah berkembang, kamu juga yang akan menikmati hasilnya?


5.    Ukur Kemampuan Diri
Membuat keputusan untuk berbisnis sambil bekerja tidak sesulit saat melakoninya. Maka bijaklah sebelum benar-benar terjun dalam dunia bisnis. Ukur kemampuan diri. Sejauh mana Anda mampu membangun bisnis dalam segala pernak-perniknya sambil tetap bekerja.
Ukur pula bagaimana kemampuan keuangan Anda. Paling tidak, ada pemasukan rutin tiap bulan yang bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Ukur pula kekuatan modal dan cara mendapatkannya. Apakah dari akumulasi gaji atau melalui pinjaman ke pihak lain. 
Memutuskan untuk bekerja sambil berbisnis bukanlah pilihan mudah yang digampang dilakukan, Tidak hanya membutuhkan modal uang, modal tenaga dan pikiran juga harus kamu pikirkan. Jangan sampai karena sifat “rakus”, kamu malah tidak bisa mendapatkan keuntungan dari keduanya.

Bila Anda memang ingin fokus pada usaha sampingan, maka Anda harus memperhitungkan semua kemungkinan yang bisa terjadi. Bisnis itu tidak selalu berjalan dengan mulus walaupun kita telah bekerja keras menjalankannya, jadi Anda harus mempersiapkan segalanya sebelum mengambil keputusan.
Selain itu, sebaik apapun sebuah bisnis yang ingin anda jalani tetap harus didukung oleh pemasaran yang baik. Internet adalah salah satu media pemasaran yang sangat efektif saat ini karena kita bisa memasarkan produk apapun melalui internet.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang 5 Tips Panduan Usaha Sampingan Untuk Karyawan, semoga Bacaan ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Sarkomet berkata “Salam Satu Jiwa

2 komentar:

  1. Selamat siang

    ini adalah dasar dana global, kami memberikan pinjaman per pendanaan proyek tahunan 100% dengan pinjaman aman dan tidak aman yang tersedia kami dijamin dalam memberikan layanan keuangan untuk banyak klien kami dengan paket pinjaman fleksibel kami pinjaman dapat diproses dan dana ditransfer ke peminjam dalam waktu sesingkat mungkin kita beroperasi di bawah persyaratan yang jelas dan mudah dipahami dan kami menawarkan pinjaman kepada semua jenis untuk tertarik klien perusahaan perusahaan dan semua jenis organisasi bisnis, individu swasta dan investor real estate hanya menghubungi kami dengan nama di bawah Jika Anda sedang melihat bagaimana mendapatkan pinjaman hubungi kami kami dapat membantu Anda keluar EMAIL: globalfundfoundation9@gmail.com
    BBM:D8633B93

    BalasHapus
  2. We are private lending firm,We offer Loans at low interest rate of to any Interested Individual personal. We are governmental Registered authorized financial helper. for more information on how to obtain our Loans contact us today via email: (mrhamdnloanoffer@gmail.com) YOU CAN ALSO ADD US ON WHATSAPP (+919818287948)

    BalasHapus