Bacaan Terbaru

Metode Pembelajaran Online Paket C


Dalam rangka memperingati Hari Aksara Internasional Ke-51, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan model Pembelajaran Online Paket C secara nasional yang ditandai dengan video conference di 10 (sepuluh) Provinsi di Indonesia. Khusus di DKI Jakarta acara berlangsung di kantor Dinas Pendidikan (Dispendik) DKI di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Dalam acara telekoferensi tersebut enam Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) siap menjadi percontohan di DKI sebagai PKBM yang akan menerapkan Pembelajaran online paket C pada 2016.

Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal (PAUDNI) Dispendik DKI Sri Rahayu Asih Subekti menyatakan melalui pembelajaran Online tersebut anak-anak bisa belajar di mana dan kapan saja. Itu juga bisa menghemat biaya perjalanan, apalagi di Jakarta yang macet. Selain itu, anak berkesempatan bisa membantu orang tua. Tetapi meski demikian seminggu tiga kali harus belajar secara tatap muka, ucapnya.

Kedepan, model pembelajaran tersebut akan disosialisasikan ke PKBM di seluruh DKI, diharapkan PKBM akan semakin banyak yang menggunakan model pembelajaran online seperti ini. Sosialisasi akan dilaksanakan sampai bulan Desember 2016, selain itu para PKBM mungkin menerapkan pada tahun pelajaran baru tetapi yang pasti untuk penerapan pembelajaran online paket C yang diperlukan adalah sarana dan prasarana dan persiapan tutor serta dari tim pengembang diharapkan adanya pelatihan.


Kepala PKBM Ristek Nusantara Nur Khasanah mengungkapkan, metode pembelajaran online paket C sangat efektif mengingat siswa PKBM Ristek tah hanya berada di Jakarta tetapi juga di kota-kota lain, bahkan ada yang di luar negeri. Tujuannya agar bisa mengikuti pembelajaran walaupun posisinya tidak di Jakarta. Ujarnya.

Sebelum ada model pembelajaran online, anak-anak yang di luar kota dikategorikan ke pembelajaran mandiri, mereka hanya di kasih modul. Nantinya belajar bisa didampingi orang tua atau mendatangkan guru yang dekat rumah. Oleh karena itu target pada tahun 2017 diharapkan seluruh PKBM menerapkan pembelajaran online paket C.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang “Metode Pembelajaran Online Paket C”, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Sarkomet berkata “Salam Satu Jiwa

Tidak ada komentar