Bacaan Terbaru

Hujan Es Mengguyur Wilayah Jakarta


Hujan deras disertai angin kencang dan petir mengguyur Jakarta sejak siang hingga sore ini (Selasa, 28 Maret 2017). Selain angin kencang dan petir, bongkahan kecil es juga tampak berjatuhan bersama dengan air hujan. Fenomena ini terjadi di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.
Dikutip dari sumber Tempo.co Direktur Pusat Penelitian dan Pengembangan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dr Edvin Aldrian mengatakan hujan es biasa terjadi di musim pancaroba atau peralihan. Selama masa peralihan, angin  tidak berhembus ke satu arah dominan.
Kepala Bidang Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Hary Tirto menjelaskan, fenomena hujan es bisa diindikasikan dengan beberapa situasi, di antaranya satu hari sebelumnya udara pada malam hari hingga pagi hari terasa panas dan gerah.
Udara terasa panas dan gerah akibat adanya radiasi matahari yang cukup kuat ditunjukkan oleh nilai perbedaan suhu udara antara pukul 10.00 dan 07.00 LT (> 4.5°C) disertai dengan kelembapan yang cukup tinggi ditunjukkan oleh nilai kelembapan udara di lapisan 700 mb (> 60%).
Dr Edvin Aldrian mengatakan Jakarta dan Surabaya sering menerima angin laut dari arah utara yang tegak lurus dengan garis pesisir pantai. Angin tersebut biasanya sangat basah dan lembab karena membawa uap dari laut.
Uap air yang berfase gas akan terkondensasi menjadi fase padat yaitu es. Butiran es dapat terbawa oleh aliran angin vertikal ke bawah di awan. Aliran dikenal dengan istilah down draft yang biasanya terjadi di pinggir awan.
Butiran es yang turun itu dapat mencapai permukaan dalam bentuk es, terutama jika suhu permukaan lembab dan dingin. Permukaan lembab disebabkan adanya aliran dari arah laut yang membawa uap air. 
Hujan es yang mengguyur Jakarta membuat warga terkaget-kaget. Netizen pun ramai memposting pengalaman mereka atas fenomena ini di media sosial instagram. 
“Hujan es,” tulis akun @irfan_al_muhtadi dengan foto tangannya yang memegang bongkahan es yang jatuh dengan latar hujan deras.
"Subhanallah.. #hujanes di ciracas 280317 pkl. 15.35 WIB," tulis akun @tripur1277 disertai postingan video hujan dengan es yang berjatuhan di halaman rumahnya.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Hujan Es Mengguyur Wilayah Jakarta, semoga Bacaan ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Sarkomet berkata “Salam Satu Jiwa

Tidak ada komentar