Bacaan Terbaru

Tujuan Program Transmigrasi Dalam Rangka Otonomi Daerah


Salah satu tujuan program transmigrasi adalah untuk pemerataan pembangunan daerah, mengingat program transmigrasi dilaksanakan dengan menempatkan penduduk pada suatu wilayah yang belum berkembang untuk diolah dan dikelola secara baik.

Keberadaan transmigran di daerah yang jauh dari pusat pemerintahan daerah sangat bernilai strategis, karena dengan keberadaan transmigran di wilayah tersebut disamping dapat mengembangkan wilayah tersebut juga memperbaiki otonomi daerah.


Dengan adanya program transmigrasi dalam rangka otonomi daerah diharapkan dapat membangun daerah tertinggal. Melalui program pembangunan otonomi daerah ini diharapkan terbentuk pembangunan yang stabil sesuai dengan konsep bernegara yang baik. Beberapa daerah telah menunjukan bagaimana program nasional transmigrasi dapat mempersatukan masyarakat daerah asal dan masyarakat daerah tujuan untuk dapat hidup berdampingan dan bekerjasama.


Dalam rangka otonomi daerah, transmigrasi memiliki makna lebih dari sekedar menempatkan penduduk di sebuah wilayah, namun lebih jauh keberadaaan program nasional transmigrasi diharapkan mampu membangun semangat kemandirian dan keinginan untuk maju bersama sebagai sesama penduduk indonesia.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang “Tujuan Program Transmigrasi Dalam Rangka Otonomi Daerah”, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Sarkomet berkata “Salam Satu Jiwa”.

Tidak ada komentar