Bacaan Terbaru

Gemar Membaca Akan Membuka Jendela Dunia

Pada tulisan artikel kali ini saya akan mencoba untuk menuliskan bacaan ringan yang baru pertama kali ini saya beranikan diri untuk bercerita mengenai cerita fiksi. Walaupun demikian cerita fiksi ini masih sesuai dengan blog saya yakni mengenai edukasi sehingga tidak berseberangan dengan blog yang sedang saya geluti ini. Cekidot.


Sebuah kisah tentang impian Didit, seorang anak putus sekolah yang ingin tahu seperti apa kehidupan di belahan bumi yang lain. Setiap hari Didit bekerja membantu Pamannya, Pak Ace, mengumpulkan kemasan plastik bekas air mineral untuk dijual kepada pengepul.  Keinginan Didit untuk mengetahui belahan bumi yang lain semata-mata timbul karena ia ingin merasakan, apa yang seharusnya dirasakan oleh anak-anak seusianya, bersekolah, bermain dan beraktifitas lainnya selain mengumpulkan botol plastik bekas. Dalam hatinya Didit selalu bertanya, Mungkin di sana keadaannya lebih baik, anak-anak tidak harus merasakan seperti yang ia rasakan.

Di tempat penampungan botol bekas air mineral, Didit bersahabat dengan Bang Bocit, seorang pegawai penampungan yang bertugas menimbang barang-barang yang dibawa oleh para pengumpul botol plastik bekas.  Bang Bocit sering menyempatkan diri untuk berbincang sejenak dengan Didit dan mau mendengarkan apa yang menjadi keinginan Didit itu. Didit banyak mendapat masukan dan pandangan yang baik dari Bang Bocit.


Awalnya Bang Bocit membawakan beberapa buku bekas untuk dibaca Didit dan ke-esokan harinya Bang Bocit menanyakan apa isi buku yang sudah dibaca Didit itu. Setiap hari Didit selalu bertanya dan mencari tahu kebenaran dari apa yang di bacanya itu kepada Bang Bocit, dan Bang Bocit selalu bersedia menjelaskan apa yang ditanyakan oleh Didit, hingga suatu hari Bang Bocit berjanji untuk mengajari Didit, Bagaimana cara mengintip belahan dunia yang lain.

Pada suatu kesempatan, Bang Bocit meminta Didit untuk libur dari mengumpulkan botol plastik bekas dan mengajaknya pergi untuk mengintip belahan dunia yang lain. Bang Bocit dan Didit pergi mengunjungi sebuah perpustakaan umum, disana Didit merasa takjub dengan kumpulan buku yang tersedia. Didit sangat gembira ketika beberapa pertanyaan yang selama ini ada di pikirannya menjadi judul dari beberapa buku yang tersusun rapi di perpustakaan tersebut.


Hari-hari berikutnya Didit dan Bang Bocit terlihat sering mengunjungi perpustakaan tersebut dan banyak waktu senggang Didit diisi dengan membaca buku-buku tersebut. Bang Bocit merasa senang karena Didit terlihat sangat antusias dalam membaca. Pada suatu kesempatan, Bang Bocit mengunjungi gubug Didit dan menyampaikan kabar baik kepada Paman Didit, bahwa di bedeng yang tidak jauh dari tempat mereka akan diselenggarakan sekolah gratis bagi anak-anak yang kurang mampu.


Dengan penuh semangat Didit mengikuti sekolah gratis tersebut dan belajar bersama dengan anak-anak se-usianya, di waktu senggang, Didit sering di daulat oleh teman-temannya untuk bercerita tentang belahan dunia yang lain. Ketika teman-temannya semakin penasaran dengan ceritanya, Didit berjanji akan mengajak teman-temannya untuk mengintip belahan dunia yang lain.

Bang Bocit tersenyum bangga ketika melihat Didit dan teman-teman pulang dari mengunjungi Perpustakaan umum. Didit telah mengetahui cara mengintip belahan dunia yang lain, dan masih banyak Didit-Didit yang lain akan menyusul. Dan suatu saat nanti keingintahuan anak-anak Indonesia akan terpenuhi dengan membaca, karena budaya gemar membaca akan membuka jendela dunia.



Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Gemar Membaca Akan Membuka Jendela Dunia, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Saran dan kritik yang membangun ditunggu untuk kelanjutan cerita yang lebih baik berikutnya.

Sarkomet berkata “Salam Satu Jiwa

9 komentar:

  1. membaca adalah pintu gerbang utama ilmu, setuju sekali gan tipsnya

    BalasHapus
  2. karena membaca adalah gudangnya ilmu lanjutin membaca gaan

    BalasHapus
  3. kasih tips supaya ga mudah bosan waktu baca baca bro. (y)

    BalasHapus
  4. tips yang paling manjur sih, membaca majalah dewasa dijamin kagak bosen gan.. hehehe

    BalasHapus
  5. kalau orang yang gak suka membaca gimana gan ? membaca ama nonton film mana lebih efektiv ??? :D

    BalasHapus
  6. Saya lebih suka baca buku non fiksi, dan pernah menjadi duta baca di Sukabumi. Kemudian jadi penulis buku juga pada akhirnya.

    Manfaatnya memang wawasan saya jadi luas.

    BalasHapus
  7. Bener banget gan membaca akan membuka jendela dunia

    BalasHapus
  8. Blogwalking berarti ikut masuk membuka jendela dunia dong, kan rajin membaca dari satu blog ke balog lainnya he....

    BalasHapus