Bacaan Terbaru

Cara Menghadapi Masalah Pemanasan Global dan Perubahan Iklim


Menghadapi pengaruh iklim global dan juga iklim lokal di Indonesia, dengan pola pikir bahwa harus ada perubahan agar masa yang akan datang tidak lebih buruk dari masa sekarang (sustainable life) menjadikan lingkungan-lingkungan binaan seperti rumah, wilayah, kompleks, dll akan menghasilkan dampak terhadap kenyamanan penghuninya. Terjadi cara pandang berbeda dalam menyikapi perubahan iklim dalam lingkungan masyarakat sekitar. Contohnya pada saat suhu semakin panas, ada lingkungan masyarakat (dalam hal ini yaitu rumah) yang mencoba beradaptasi menggunakan AC dan ada pula yang mencoba menggunakan tanaman agar dapat mendinginkan ruangan.

Terjadi dua pendekatan berbeda untuk beradaptasi, namun dampak yang dihasilkan ternyata lain. Bisa anda bayangkan jika setiap rumah menghadapi pemanasan global ini ditanggapi dengan cara “teknologi” dan satu lagi dengan “Alamiah”. Dengan penggunaan AC, maka ruangan akan menjadi dingin, tetapi dampaknya membutuhkan energi yang berasal dari listrik dan pada sumbernya akan menghasilkan gas-gas yang malah akibatnya akan membuat bumi semakin panas, dan tanpa kita sadari penggunaan AC pun menghasilkan panas diluar ruangan tersebut.


Jika seluruh rumah menggunakan AC dapat dibayangkan udara diluar akan semakin panas, dan energi yang dihasilkan besar sekali, tetapi bukan berarti tidak boleh menggunakan AC karena ada beberapa bangunan (gedung) dalam skala lebih besar yang memang sangat memerlukannya. Selain itu penggunaan teknologi ini harus diimbangi dengan beberapa upaya yang lebih baik agar perubahan iklim dan lingkungan dapat bersahabat dengan kita.

Pada kasus yang satunya jika kita menanam pohon, beberapa keuntungan yang didapat yaitu pertama pohon dapat menutupi ruangan dengan bayangannya, kedua daunnya tidak menyebabkan radiasi panas, dan ketiga kita mendapat oksigen juga, jadi bisa anda bayangkan jika sebagian rumah mempunyai banyak pepohonan akan sangat berpengaruh dan dapat mengurangi CO2 sebagai gas pencipta pemanasan global.


Indonesia sebagai negara kepulauan, memang sangat rentan terhadap perubahan iklim karena dapat mengakibatkan bencana seperti banjir, tanah longsor, kemarau panjang (kekeringan), angin kencang, dan gelombang tinggi. Bahkan ancaman terhadap perubahan iklim di Indonesia saat ini sudah terjadi dalam intensitas yang lebih besar dibandingkan beberapa tahun yang lalu dan dampaknya saat ini secara langsung sudah dirasakan oleh masyarakat petani, nelayan, perdesaan, dan bahkan masyarakat perkotaan. Dampak yang lebih luas bukan hanya merusak lingkungan akan tetapi juga sangat membahayakan keselamatan manusia, masalah kecukupan pangan, kegiatan pembangunan dan ekonomi, masalah pengelolaan sumber daya alam terbatas dan infrastruktur fisik.

Perubahan  iklim yang sedang terjadi saat ini perlu disikapi dengan memperdalam pemahaman tentang bagaimana proses kejadiannya secara ilmiah, baik penyebab maupun dampaknya terhadap manusia dan lingkungan tempat tinggal kita. Dengan pemahaman tersebut kita dapat direncanakan upaya penyesuaian dan pencegahannya. Strategi yang sifatnya terintegrasi dan terkonsep di tiap sektor sangatlah diperlukan, bukan hanya di tingkat pusat tetapi yang paling utama di tingkat daerah, mengingat berbagai dampak langsung yang dirasakan maupun upaya akan terjadi di tingkat daerah.


Masalah penanggulangan perubahan iklim perlu dilaksanakan oleh berbagai pihak baik itu pemerintah pusat, pemerintah daerah, pihak swasta, masyarakat umum, dunia pendidikan, maupun pemangku kepentingan lainnya.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Menghadapi Masalah Pemanasan Global dan Perubahan Iklim, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda semua.
Sarkomet berkata “Salam Satu Jiwa”.

4 komentar:

  1. ilmu baru :D
    Thanks Infonya gan :)

    BalasHapus
  2. berarti harus pintar2 pake ac dan untuknya saya pake kipas sate bukan ac hehe
    ty gan

    BalasHapus
  3. Cegah pemanasan global, krna indonesia merupakan jantung dunia .
    Btw thanks informasinya min

    BalasHapus