Bacaan Terbaru

4 Manfaat dan Keuntungan Menjadi Petani


Pada tulisan artikel kali ini saya akan mencoba untuk mengulik beberapa Keuntungan menjadi petani yang mudah-mudahan akan merubah pemikiran masyarakat terlebih di pedesaan untuk merubah mind set mereka bahwa keuntungan yang dihasilkan dari pertanian jauh lebih besar bila dibandingkan dengan profesi lainnya di kota dan perkantoran. 

Memang pada dasarnya setiap pekerjaan baik itu pekerjaan buruh, karyawan, kantoran, bahkan menjadi pengusaha pastilah ingin memiliki keuntungan. Keuntungan di sini bisa bermacam-macam bentuknya seperti keuntungan materi, kesehatan, kepuasan batin dan lahiriah, kebebasan berekspresi, dan lain sebagainya.

Tanpa adanya keuntungan didalam pekerjaan, Mustahil manusia sanggup bertahan dengan pekerjaan yang dimiliki, terlebih jika itu merupakan pekerjaan utamanya. Jadi tidak bisa dipungkiri jika keuntunganlah yang pertama di cari dari sebuah pekerjaan, dengan adanya keuntungan maka akan bisa membuat kita mencintai pekerjaan tersebut.

Sama halnya dengan profesi menjadi petani, Pekerjaan yang di geluti oleh sebagian besar penduduk pedesaan ini pada dasarnya juga memiliki berbagai macam keuntungan yang tentunya cukup bagus untuk kita diskusikan melalui tulisan ini. Pada bahasan kali ini saya akan mencoba membahas Apa saja keuntungan dan manfaat menjadi Petani yang mungkin sebagian orang belum mengetahuinya. Cekidot

1.    Tidak Terikat


Semua orang pasti menginginkan dan memimpikan untuk bekerja bebas tanpa terikat. Oleh karena itu, dengan bekerja menjadi seorang petani Anda bisa bebas bekerja tanpa adanya ikatan apa pun dan tanpa perintah dari siapapun. Anda dengan bebas menentukan kapan anda mulai bekerja, kapan anda mulai istirahat dan kapan anda harus menghentikan pekerjaan. 

Anda juga bisa berlibur kapanpun yang anda sukai dan meninggalkan sementara pekerjaan anda tanpa merasakan cemas memikirkan tugas dari pimpinan anda. Bahkan, Ketika anda sedang sakit atau tidak bekerja dalam waktu yang cukup lama (kalau udah banyak duit itu loh), tidak ada yang akan memecat anda karena anda tidak terikat dengan apapun.

2.    Bebas Menentukan Apa Yang Ingin Anda kerjakan


Ketika anda bertani banyak sekali pekerjaan yang harus dilakukan, bukan hanya menanam, memberi pupuk kemudian memanennya. Akan tetapi banyak kegiatan lainnya yang memang membutuhkan waktu dan tenaga. Tapi tenang saja jika anda melakukan pekerjaan menjadi petani, Anda dapat dengan bebas menentukan pekerjaan apa yang akan Anda kerjakan. Apakah hari ini mau mencangkul, membabat rumput, atau yang lain-lainnya. Yang terpenting ialah, ikuti kemauan Anda dan mengikuti alur kerjaan yang biasa dilakukan oleh petani lainnya.

3.    Bisa Hidup Lebih Sehat


Yang ketiga ini mungkin sebagian pekerjaan di kota jarang mengalaminya, orang yang bekerja dengan olah fisik (mengeluarkan keringat) setiap hari akan lebih sehat dibandingkan mereka yang kerjanya hanya duduk-duduk saja seperti bekerja dikantoran. Bekerja menjadi petani yang otomatis membutuhkan tenaga ekstra kalori didalam tubuh kita dan lemak akan terbakar, sehingga membuat tubuh tetap ideal, keringat juga akan mengucur yang menyebabkan racun terbuang bersama keringat sehingga aliran darah pun menjadi lancar.

Kelebihan bekerja menjadi petani adalah setiap hari kita dapat menghirup udara dengan bebasnya yang masih bersih, segar, sejuk dan belum tercemar oleh polusi, sangat berbeda sekali jika kita bekerja di kota yang setiap hari harus menghisap asap kendaraan dan juga polusi udara lainnya walaupun masih pagi hari. Kelebihan lainnya adalah kita akan merasakan paparan sinar mentari pagi yang banyak mengandung vitamin D, yang tentunya turut memberikan andil yang sangat besar dalam asupan vitamin bagi tubuh kita.

4.    Bisa Sambil Melakukan Kerjaan Sampingan


Keuntungan terakhir yang ingin saya sampaikan yakni kebebasan waktu yang dimiliki petani akan banyak sekali, waktu luang tersebut bisa dimanfaatkan untuk melakukan aktifitas lainnya (kerja sampingan) yang tentunya bisa menambah keuntungan ganda bagi anda.

Banyak sekali pekerjaan sampingan yang bisa kita jalankan selagi kita bekerja menjadi petani yang tentunya akan menambahkan penghasilan bagi anda. Profesi dalam bidang pertanian ini merupakan jenis profesi yang sebenarnya sangat cocok untuk geografis negara kita tercinta ini. Karena seperti yang kita ketahui bahwa geografis Indonesia merupakan daerah dengan tanah yang sangat subur (gema ripah rojinawi). 

Berikut ini adalah 4 profesi sampingan yang bisa anda lakukan sebagai Petani :

1.    Menanam Rempah-Rempah


Dari sejak dahulu kala negara Indonesia memang sangat terkenal dengan beraneka ragam rempah-rempahnya. Bahkan karena alasan rempah-rempah Indonesia dahulu dijajah oleh negara lain. Tanah Indonesia memang sangat bagus untuk ditanami beraneka macam rempah-rempah. 

Rempah-rempah ini selain digunakan sebagai bumbu dapur penyedap rasa juga dapat digunakan untuk aneka obat herbal. Salah satu contoh rempah-rempah yang saat ini memiliki harga jual tinggi adalah jahe merah, selain itu masih banyak lagi rempah-rempah lainnya yang bernilai tinggi. Cara yang paling cepat untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis sampingan ini adalah dengan cara menjalin kerjasama dengan toko herbal, Pabrik jamu atau lainnya.

2.    Berbisnis Tanaman Hias


Tanaman hias merupakan salah satu ide profesi sampingan bagi anda yang hobi dengan berkebun terutama bunga, lumayan bukan jika hobi tersebut kita manfaatkan agar bisa menghasilkan uang tambahan. Mungkin hal pertama untuk memulainya yakni dengan menanam aneka jenis tanaman hias dipekarangan rumah anda. 

Untuk pemasaran atau istilah kerennya marketing anda bisa memasarkannya ke sekolah, perkantoran, pabrik, instansi-instansi dan tempat lainnya yang membutuhkan tanaman hias ini. Yang paling utama agar anda cepat memperoleh keuntungan perbanyaklah menanam berbagai jenis tanaman hias yang paling banyak diminati masyarakat.

3.    Menanam Sayuran Dan Buah Organik


Profesi sampingan lainnya yakni dengan menanam sayuran dan buah organik yang dapat dijadikan alternatif jenis usaha yang menguntungkan sekaligus menyehatkan, terlebih dengan perkembangan teknologi yang sangat maju sekarang ini sudah sangat sulit mencari sayuran dan buah organik karena semua telah mengandung bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan. 

Oleh karena itu, menanam sayuran dan buah organik dapat dijadikan alternatif yang sangat baik dijalani beberapa contoh jenis sayuran dan buah organik yang bisa ditanam ialah bayam, kacang panjang, tomat, jeruk, mentimun, pisang, jagung manis, terong, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tetapi perlu diingat untuk menanam sayuran dan buah organik anda perlu belajar dan memahami bagaimana cara menanam tanaman organik yang benar agar hasil yang diharapkan dapat maksimal.

4.    Beternak Ikan


Ketika kita menanam padi dan budidaya ikan sekaligus di sawah jelas akan memberikan keuntungan tambahan. Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari teknik minapadi. Cekidot

·           Masa pemeliharaan singkat
Waktu pemeliharaan budidaya ikan di sawah cukup singkat, hal ini dikarenakan semua kebutuhan makanan untuk pertumbuhan ikan dapat tercukupi.

·           Kesuburan tanah terjamin
Seperti yang kita ketahui, tanah di area persawahan memang sangat subur karena adanya perawatan yang dilakukan dibandingkan jenis tanah lain. Pemeliharaan padi di area persawahan yang dilakukan oleh petani secara tidak langsung juga akan merawat lahan tersebut.

·           Tersedianya makanan alami
Tanah yang subur akan menyediakan banyak makanan alami untuk mendukung perkembangan ikan tanpa kita repot-repot mencari bahan pakan untuk ikan yang kita pelihara.

·           Banyaknya kandungan organik
Pada musim panen padi biasanya petani akan meninggalkan batang padi, batang padi yang terendam air biasanya akan memunculkan perkembangan sejenis kutu air, untuk beberapa jenis ikan, kutu air merupakan makan utama sebagai sumber pangan.

Demikianlah beberapa manfaat dan keuntungan yang didapatkan dengan menjadi seorang petani, namun demikian sangat disayangkan sekali banyak pemuda-pemuda di desa saat ini yang tidak ingin meneruskan warisan keluarga mereka untuk menjadi petani, Karena mereka berpikiran menjadi seorang petani dinilai sebagai profesi rendahan.


Padahal kenyataannya bekerja menjadi petani menurut saya adalah pekerjaan yang sangat mulia dan sangat besar sekali manfaatnya bagi semua orangcoba saja anda bayangkan dan renungkan jika suatu saat negara ini tidak ada yang ingin menjadi petani, rakyatnya mau makan dengan apa, jadi dapat dipastikan bahwa profesi sebagai petani selain bermanfaat bagi dirinya sendiri tetapi bermanfaat juga bagi kehidupan orang lain, bahkan boleh dikatakan pertanian sebagai sumber daya kehidupan bagi masyarakat Indonesia.


Selain itu jangan hanya karena harga pupuk dan pembasmi hama yang tinggi membuat anda mengurungkan niat untuk menjadi seorang petani, Karena pada saat ini banyak sekali informasi untuk mengatasi solusi para petani yang bisa anda cari melalui internet atau secara online dan pastinya dari informasi tersebut, Maka anda bisa menjadi seorang petani modern yang bisa membuat pupuk sendiri dengan biaya yang murah dan juga bisa mengetahui cara membasmi hama tanpa harus mengeluarkan biaya yang tinggi.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang 4 Keuntungan Menjadi Petani, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Sarkomet berkata “Salam Satu Jiwa”.

4 komentar:

  1. tapi dengan adanya ekonomi yang begitu sulit tidak sesui dengan harga pangan saat ini, banyak masyarakat yang kebun yang awalnya menjadi pusat pertanian berubah menjadi lahan sawit. sehingga saat ini minim petani lagi, dan harga beras melonjak tinggi, sangat di sayangkan sekali, seharusnya lebih enak menanam padi sendiri kita pasti tau kualitas padi yang di dapat.

    BalasHapus
  2. Iyo gan ,ayoo bertani jangan sampai petani kita diganti dengan petani berdasi .

    BalasHapus
  3. Setelah baca ini jdi ingat dan rindu orang tua di kampung halaman yg pekerjaan sehari hari nya hanya jdi petani, namun akan mnjdi suatu kebahagian yg luarbiasa jika seandainya beras di jual mahal oleh pemerintah jdi petani pun sejatera hehe

    BalasHapus