Bacaan Terbaru

Waspadai Tembakau Gorilla Jenis Narkotika Baru


Tembakau adalah salah satu produk pertanian semusim yang diproses dari daun tanaman, terutama dari genus nicotiana. Tembakau dapat bermanfaat sebagai pestisida dan bahan baku obat. Jika dikonsumsi, umumnya dibuat menjadi ROKOK, dan tembakau kunyah. Mendengar kata rokok, tentunya sudah mengenal bukan, bahwa produksi tembakau menjadi rokok dewasa ini telah tumbuh berkembang menjadi suatu industri, dan keberadaannya telah menghadirkan kontroversi ilmiah yang dimulai sejak pertengahan abad ke-20.

Banyak dari publik yang bertanya-tanya soal apa itu Tembakau Gorila.


Belakangan ini Tembakau Gorila menjadi trend baru pemakai narkoba, karena harganya murah dan efek “ketiban gorila” digandrungi, Gors atau gori (istilah lain dari produk tembakau tersebut) merupakan tembakau kering yang dicampurkan dengan beberapa bahan organik (ekstrak tumbuhan). Beberapa sensasi yang dialami pengguna saat mengisap tembakau Gorila dapat berupa halusinasi seperti ditimpa seekor gorila, badan yang tertimpa terasa seperti merileks dan mengambang (ngefly), maupun gerak badan yang terbatas hingga tidak bisa bergerak.

Menurut BNN efek lain yang disebabkan oleh produk tembakau tersebut berpotensi memunculkan keadiktifan bagi pengguna. Keadiktifan berpotensi pada pengonsumsian jangka panjang, dan itu dapat membahayakan penggunanya. Badan Narkotika Nasional (BNN) setelah melalui uji laboratorium, produk tembakau tersebut terdaftar sebagai narkoba jenis baru.


Ditetapkannya tembakau gorila masuk kedalam golongan narkotika yakni pada tanggal 12 Januari 2017. Dengan dikeluarkannya keputusan tembakau gorilla masuk ke dalam jenis narkotika maka siapa saja yang menjual atau memakainya bisa kena jerat pidana dengan maksimal hukuman sampai seumur hidup. Keputusan itu tertuang dalam Permenkes No 2 tahun 2017. Sebelum aturan itu keluar, tembakau gorilla adalah barang bebas yang bisa dibeli di mana saja. Lewat akun media sosial (seperti instagram dan twitter) bahkan sampai lewat whatsapp, bisa dengan mudah mendapatkan si gori.

Peredaran tembakau gorila marak melalui media sosial


Peredaran tembakau gorila ini lebih banyak melalui media sosial seperti instagram dan twitter. Aktivitas jual beli tembakau dilakukan melalui pesan singkat tanpa bertatap muka langsung. Harga tembakau merk Gorilas dibanderol Rp.400 ribu per 10 gram. Konsumennya dominan dari kalangan anak muda terutama mahasiswa dan pelajar. 

Sebagian besar penjual menggunakan akun dengan nama yang tak jauh dari kata tembakau dan Gorilla. Tembakau itu dijual dalam kantung-kantung plastik ukuran kecil. Ada pula yang dijual siap konsumsi berupa batangan rokok tanpa penyaring dengan harga mulai dari Rp 70.000.- hingga Rp 100.000.- Sesungguhnya sudah beberapa bulan belakangan ini tembakau Gorilla diperbincangkan khalayak umum karena salah satu efeknya adalah halusinasi, persis dengan efek mengonsumsi zat psikotropika. Namun, karena tembakau ini terbilang baru, banyak kalangan juga baru mulai meneliti tembakau ini.

Sekilas bentuknya tidak berbeda dengan tembakau jenis lainnya. Tembakau Super Cap Gorila atau biasa disebut Tembakau Kingkong ini hanyalah tembakau biasa jika tidak dicampur dengan synthetic cannabinoids (AB-CHMINACA) bersama bahan kimia apesiminika.

Tumbuhan Dagga liar (Leonotis Leonurus), Tanaman ini asli Afrika Selatan

Sebenarnya dalam dunia kedokteran, cannabinoids ini diperlukan untuk terapi memperlambat proses neurodegenerasi pada penyakit alzheimer. Selain itu juga berguna untuk pengobatan stres karena senyawa cannabinoids bekerja cepat setelah menembus blood barrier yaitu filter darah yang masuk ke otak.

Lantas apa kaitannya tembakau ini dengan gorila? Saat mengisap tembakau ini yang sudah dilinting seperti rokok, seseorang merasa akan seperti ditimpa oleh seekor gorila besar. Efeknya orang tersebut seperti tidak bisa bergerak dan menimbulkan halusinasi. Orang yang baru coba-coba ngegors (istilah untuk mengisap tembakau gorila) biasanya akan panik karena tubuhnya jadi berat sedangkan pecandu yang sudah terbiasa akan muncul perasaan bahagia, rileks dan bahkan suka ketawa-ketawa sendiri. 

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang "Waspadai Tembakau Gorila Jenis Narkotika Baru", semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda semua.
Sarkomet berkata “Salam satu jiwa”.

2 komentar:

  1. beberapa tahun yang lalu ada narkotika jenis baru yang bisa buat pemakainya berubah jadi kaya zombie. Sekarang ada lagi narkotika jenis baru (Gorilla). Makin ngeri aja ya...

    BalasHapus
  2. jangan jangan nasgor juga gorila hahahahah

    BalasHapus