Bacaan Terbaru

Sawah (Keindahan Yang Tersembunyi)

 

Hamparan sawah adalah permadani surga yang Tuhan bentangkan di bumi-Nya terutama di bumi Nusantara. Sawah selalu tampak indah, menyentuh dan menyuguhkan kedamaian. Warnanya yang hijau menyejukkan mata, sedangkan yang kuning kilau keemasan adalah wajah keceriaan dan sumringah para petani yang segera akan memetik hasil panennya.

Hijau kuning yang begitu indah, burung-burung kecil terbang bebas kesana-kemari. Angin berhembus tak terlalu kencang, tak sekencang angin di lepas pantai, bagai penerima tamu yang tak berwujud menyapa hangat pengunjung. Ia menyapukan lelah dan penat yang berserakan di benak pikiran akibat aktifitas di kantor seharian. 

Sungguh itu pemandangan yang sulit ditemukan, bahkan kalau di kota, itu sudak tak ada. Semakin larut memandanginya, semakin cantik dia. Belum lagi ia semakin dipercantik dengan warna biru khas di langit yang begitu cerah yang ditemani oleh kilauan cahaya dari sinar-sinar terakhir mentari di sore itu.
Sungguh pemandangan alam yang indah, didaerah pegunungan yang terdapat gunung yang tinggi, besar dan biru. Dikaki gunung terdapat sungai yang mengalir, airnya jernih dan segar. Didaerah pegunungan banyak terdapat sawah. Sawah tersebut ditanami padi yang kini telah menguning dan hampir dipanen. 

Selain sawah, ditepi jalan banyak ditanami pohon-pohon, seperti pohon pinus, yang berfungsi sebagai penyerapan air ketika musim hujan. Dipagi hari udara didaerah pegunungan sangat dingin. Udara disana masih bersih dan segar karena belum banyak bercampur dengan polusi. Embun dan kabut masih menutupi hijaunya daun-daun, suara burung burung yang berkicau terdengar sangat indah.
Betapa indahnya negeri ini, walau puluhan tahun dikelola dengan salah kaprah sehingga sawah bukan melambangkan kemakmuran malah menyimbolkan kemiskinan struktural secara turun-temurun. Namun, apapun, sawah dengan hamparannya yang indah adalah sebuah anugerah. Anugerah yang patut kita syukuri tak henti-henti.
Sayangnya kini banyak lahan sawah yang sudah dijadikan bangunan yang membuat lahan sawah tersebut hilang. Beberapa penyebab yang membuat lahan sawah ini beralih fungsi antara lain :
·        Semakin meningkatnya bisnis properti;
·        Kebutuhan lahan yang terus meningkat;
·   Semakin menurunnya penghasilan petani sehingga mereka menjual lahannya;
·        Berkurangnya permintaan beras dari dalam negeri;
 

Seperti yang anda ketahui, kini bisnis properti sedang mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hal ini membuat banyak pengembang properti ini membutuhkan lahan yang luas untuk membangun bangunan. Tidak hanya di kota besar, bisnis ini sudah mencapai daerah kecil yang membuat pengembang harus membeli sejumlah lahan sawah. Lahan sawah ini nantinya yang akan dibangun menjadi sebuah perumahan. Dengan adanya pembangunan ini tentu saja semakin mengurangi lahan sawah yang ada.

Cuaca yang tidak menentu sekarang ini dapat membuat petani dan pemilik lahan sawah merasa kesulitan, mereka kesulitan karena panen yang tidak dapat ditentukan juga. Hal ini membuat mereka sering mengalami kerugian, hal ini yang membuat mereka akhirnya menjual lahan sawah mereka karena ingin beralih ke usaha lain. Biasanya hal seperti ini banyak dilirik oleh beberapa orang yang sedang ingin membangun bangunan, biasanya lahan sawah ini juga dapat dibangun menjadi tempat wisata. 

Dengan adanya pengalihan fungsi lahan sawah ini tentunya juga akan berpengaruh pada produksi beras dalam negeri. Indonesia akan semakin sulit mendapatkan beras hasil produksi dalam negeri.
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang "Keindahan Persawahan Di Negara Indonesia", semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda semua.
Sarkomet berkata “Salam Satu Jiwa”.

Tidak ada komentar