Bacaan Terbaru

Pentingnya Menemukan Kebahagiaan Di Tempat Kerja

 

Bahagia dan tidak bahagia bukan terletak pada bekerja atau tidak, akan tetapi dari persepsi sendiri tentang bahagia. Sebenarnya bahagia bersumber dari diri sendiri, jika kita memiliki kemampuan bagus dalam menghadirkan rasa senang maka bekerja dalam keadaan apapun akan membahagiakan, jadi bahagia itu juga bisa muncul dalam suasana kerja.

Membayangkan pekerjaan biasanya dipersepsikan sebagai kegiatan yang melelahkan, capek dan penuh dengan tekanan terlebih pekerjaan yang tidak selesai-selesai akan membuat hidup merasa terbebani. Sementara bila kita tidak bekerja, persoalan juga muncul yakni tidak adanya penghasilan untuk biaya hidup kita dan keluarga kecil yang kita punyai, dari sinilah kenyataan yang harus dihadapi bahwa bekerja dan tidak bekerja sama-sama tidak bahagia. 

Untuk menghadirkan kebahagiaan maka bekerja harus dimulai dari persepsi keinginan dan panggilan hati, artinya seseorang harus memilih pekerjaan sesuai dengan pilihan dan keinginannya, tujuannya agar dia selalu senang melakukan segala yang dituntut dalam bekerja. Jika senang menjadi dasar aktivitasnya maka pekerjaan akan menjadi lebih mudah, ringan dan gampang. Seseorang tidak akan merasa terbebani pekerjaan sehingga bergembira dan bahagia.

Kalau sudah merasa senang, maka bekerja tetap bukan berarti harus sesuka hati, tetapi bekerja harus dilakukan dengan orientasi dan target yang jelas sehingga bekerja dapat memuaskan semua pihak. Hasil ini yang akan membuat seseorang senang dan bahagia sehingga dapat berujung pada kesuksesan, kesuksesan ini akan berdampak pada kebanggaan diri sendiri yang bermuara membahagiakan.

Dari sinilah bahagia berarti menjadi tujuan yang akan dicapai individu melalui bekerja sesuai dengan pilihan hati dan eksplorasi diri, bila hal ini sudah dicapai bekerja harus bisa keluar dari perangkap rutinitas yaitu mampu memberikan dampak sosial dari pekerjaan tersebut. Jadi bekerja tidak hanya untuk kesuksesan, kebahagiaan dan kesenangan personal akan tetapi juga harus bisa memberikan kontribusi sosial yakni harus bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. 

Ini salah satu yang dapat menambah kebahagiaan dalam bekerja karena melihat orang-orang disekeliling kita dapat menikmati hasil kerja kita. Kebahagiaan mengalami transformasi dari diri sendiri menjadi milik kolektif, dengan keadaan ini bahagia dalam ruang kerja akan bertahan lama.


Kebahagiaan dalam bekerja sudah tidak milik sendiri, tetapi juga milik orang lain, saat kita bahagia orang lain akan bahagia, saat orang lain bahagia kita juga akan ikut bahagia. Hubungan timbal balik ini akan tercipta dalam ruang kerja, hal ini akan membuat kita tidak ada persaingan prestasi dan promosi, bekerja dijadikan sebagai ladang untuk mencapai kebahagiaan bersama. Dari sinilah kita akan menemukan kebahagiaan di ruang kerja.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang "Pentingnya Meraih Kebahagiaan Di Tempat Kerja", semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda semua.
Sarkomet berkata “Salam Satu Jiwa”.

Tidak ada komentar