Bacaan Terbaru

Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih dan Baik (Good Governance)


Kementerian PAN&RB,- Persaingan global yang semakin kompetitif mengharuskan pemerintah mampu untuk meningkatkan kualitas kinerja aparaturnya, tata pemerintahan yang baik atau good governance system telah menjadi suatu keharusan dalam menjalankan tugas dan kerja pemerintahan. Pemerintahan yang menerapkan prinsip good governance merupakan pemerintahan yang di dambakan oleh masyarakat, pemerintahan seperti ini dipercaya akan mampu memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan murah terhadap kebutuhan kepentingan masyarakat.


Reformasi Birokrasi dilaksanakan guna mewujudkan pemerintahan yang bersih (clean governance) dan pemerintahan yang baik (good governance) dengan memberikan perhatian dan mengkaji kondisi objektif birokrasi pemerintah berdasarkan :

·           Aspek Pemerintahan Yang Bersih;
·           Aspek Kelembagaan Birokrasi;
·           Aspek Ketatalaksanaan Pemerintahan;
·           Aspek SDM Aparatur dan Budaya Kerja Birokrasi;
·           Aspek Kualitas Pelayanan Publik;
·           Aspek Pengawasan dan Akuntabilitas Birokrasi Pemerintahan.


Untuk mencapai kondisi pemerintahan yang menerapkan prinsip-prinsip good governance, pemerintah telah mengambil langkah-langkah yang diharapkan dapat mengubah mind set atau perubahan perilaku semua komponen bangsa melalui pembinaan dan evaluasi yang berkesinambungan terhadap kinerja seluruh aparatur pemerintahan.

Sejalan dengan apa yang diupayakan pemerintah melalui Reformasi Birokrasi, seharusnya di-ikuti dengan respon positif semua pihak atas kondisi objektif lembaga atau organisasi birokrasi dalam strategi penataan kelembagaan, yaitu :
1.     Evaluasi efisiensi dan efektivitas lembaga dalam mengemban Visi dan Misinya;
2.     Penerapan prinsip-prinsip organisasi yang rasionil dan objektif;
3. Penerapan kebijakan Pendayagunaan Aparatur Negara dalam rangka mensosialisasikan Reformasi Birokrasi di Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi;
4.     Demikian pula dalam melaksanakan urusan publikasi dan pemberitaan, pengelolaan informasi mutlak dilakukan dalam memenuhi tuntutan pelayanan informasi.



Prinsip-Prinsip Good Governance

Prinsip-prinsip Good Governance Merupakan langkah dalam Penciptaan Tata Pemerintahan yang bersih dan berwibawa sebagai upaya dalam memperbaiki kondisi dari segala keterpurukan yang tengah melanda.

seperti dituangkan dalam Peraturan Pemerintah RI No. 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil Dan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi RI No. 19 Tahun 2011 Tentang Penegakan Disiplin Dalam Kaitan Tunjangan Kinerja Pegawai Negeri Sipil Di Lingkungan Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi RI, dimana telah ditegaskan bahwa Sasaran Penyelenggaraan Negara adalah Terciptanya tata pemerintahan yang baik bersih, berwibawa, profesional dan bertanggungjawab serta bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme atau KKN yang diwujudkan dengan sosok dan perilaku birokrasi yang efisien dan efektif serta dapat memberikan pelayanan yang prima kepada seluruh masyarakat.


Untuk mencapai kondisi pemerintahan yang menerapkan prinsip-prinsip Good Governance, pemerintah telah mengambil langkah-langkah yang diharapkan dapat mengubah mind set atau perubahan perilaku semua komponen bangsa dalam program Reformasi Birokrasi. Pemerintahan seperti ini dipercaya akan mampu memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan murah terhadap kebutuhan kepentingan masyarakat.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih dan Baik (Good Governance), semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Sarkomet berkata “Salam Satu Jiwa”.

Tidak ada komentar