Bacaan Terbaru

Mengenal Lebih Dekat Penggunaan Gadget


Di jaman era globalisasi dan era teknologi abad ini dalam kehidupan kita sehari-hari kini sudah dipenuhi dengan berbagai perangkat canggih, dengan embel-embel tambahan kata ‘pintar’ semua peralatan elektronik rumah tangga dibuat semakin futuristik. Beberapa perangkat bahkan sering melebihi fungsi dasarnya. 

Dengan semakin membanjirnya piranti baru dengan berbagai jenis, ukuran, fungsi dan kecanggihan spesifikasi, orang mulai terbiasa mendengarkan istilah umum penggunaan teknologi gadget yang mengacu ke piranti canggih dan memiliki fungsi praktis serta memiliki spesifik dengan kegunaan tertentu seperti Handphone, tablet, laptop, netbook, MP3 player, kamera, TV 3D, Xbox, E-Reader dan teknologi lainnya dapat disebut sebagai teknologi gadget.
Salah satu jenis teknologi gadget yang paling akrab dan sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari adalah handphone, Gadget jenis ini mengalami kemajuan dan pertumbuhan yang cukup signifikan bahkan hampir tak ada matinya, penemuan baru dengan penambahan fitur terbaru selalu menjadi daftar spesifikasi yang dihadirkan. Bahkan untuk sekarang ini handphone tidak semata-mata hanya dipergunakan untuk berkomunikasi, teknologi baru yang diterapkan memungkinkannya sebagai kamera foto, perekam video, jaringan internet, pemutar musik, peta digital dan lain sebagainya.


Di beberapa kalangan, mempunyai gadget seperti smartphone dan tablet dianggap dapat menunjang gaya hidup penggunanya, padahal mereka sendiri tidak tahu kegunaan dan fungsi fitur yang terdapat di gadget yang mereka gunakan. Di samping digunakan untuk menunjang sebuah pekerjaan, masih banyak orang yang membeli gadget justru hanya difungsikan sebagai gaya hidup dan mengikuti perkembangan jaman agar tidak disangka kampungan atau norak. 

Di beberapa kalangan remaja terlebih anak sekolah, memiliki gadget seperti smartphone dan tablet mereka beranggapan bahwa dapat menunjang gaya hidup mereka, padahal mereka sendiri sebenarnya tidak begitu mengetahui manfaat dan kegunaan fitur yang terdapat di gadget yang mereka gunakan.
Sebagai contoh, seorang pelajar SMP yang membeli sebuah smartphone mahal (mungkin bokapnya kaya keles), seperti iPhone 6S hanya untuk terlihat keren dan tidak dianggap ketinggalan jaman serta ingin mendapatkan perhatian lebih dari teman-temannya (caper gituloh). Padahal ia sendiri tidak mengerti bagaimana cara menggunakan iPhone 6S tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa pelajar SMP tersebut hanya sekedar menjadikan gadget sebagai gaya hidup saja, tetapi tidak menggunakannya sebagai penunjang kegiatan belajarnya.
Jenis-jenis Gadget :
·           Laptop
Laptop atau komputer jinjing adalah teknologi sejenis komputer tetapi dapat dibawa kemana saja yang memang berukuran relatif kecil dan ringan dibandingkan dengan komputer PC, beratnya hanya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut.
Berikut contoh gambar Laptop :


·           Kamera Digital 
Kamera digital (Kamera foto) adalah alat untuk membuat gambar dari obyek untuk selanjutnya dibiaskan melalui lensa kepada sensor CCD (ada juga yang menggunakan sensor CMOS) yang hasilnya kemudian direkam dalam format digital (jpg, png) ke dalam media simpan digital berupa memory card kamera tersebut juga bisa berfungsi untuk merekam video. 
Berikut contoh gambar Kamera Digital :



·           Pemutar Media Player
Pemutar Media Player atau yang sering kita kenal dengan  MP3  Player merupakan alat pemutar musik yang bentuknya lumayan kecil, mini sehingga dapat disimpan disaku tanpa memerlukan ruang yang besar.
Berikut contoh gambar pemutar Media Player:



·           Handphone
Handphone (HP) merupakan perangkat telekomunikasi elektronik (sebagai alat komunikasi) yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap pada umumnya tetapi memiliki fungsi yang lebih luas yang tak hanya sebagai alat komunikasi melainkan sebagai sarana dan prasarana entertainment dan bahkan dikalangan remaja digunakan hanya sebagai gaya hidup.
Berikut contoh gambar Handphone :



·           Tablet
Tablet, adalah suatu komputer portabel lengkap yang cara pemakaiannya menggunakan teknologi layar sentuh, serta dapat dimanfaatkan dalam bidang apapun.
berikut contoh gambar Tablet :



5 Manfaat dari gadget itu sendiri adalah sebagai berikut :


·           Memperlancar Komunikasi
Paling masuk akal dari manfaat sebuah gadget adalah dapat mempermudah atau memperlancar komunikasi, memang tujuan utama dari gadget ini adalah untuk memperlancar komunikasi dengan seseorang yang tidak berada di dekatnya sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama dan rumit untuk menyampaikan sebuah pesan. 

·           Mengakses Informasi
Bukan gadget namanya jika tidak bisa memberikan suatu informasi kepada anda sebagai pemiliknya. Informasi yang diberikan oleh gadget tersebut dapat mempermudah anda untuk melakukan suatu aktivitas tanpa hambatan. Seperti contoh jika anda sebagai mahasiswa, dapat dengan mudah mengakses informasi tersebut baik berupa update berita tentang program-program kampus, makalah dan perkembangannya. 


·           Bertambahnya Wawasan
Wawasan yang bertambah merupakan manfaat gadget yang selanjutnya, dari gabungan komunikasi lancar dan mudahnya mengakses informasi yang didapat. Kita tahu bahwa dengan adanya komunikasi dan informasi merupakan salah satu unsur yang membuat wawasan anda dapat bertambah. 

·           Sebagai Sarana Hiburan
Bukan rahasia lagi bahwa teknologi gadget juga bermanfaat untuk menghilangkan kepenatan dan suntuk anda melalui hiburan yang ditawarkan. Hiburan tersebut dapat berupa permainan, musik, video dan perangkat lunak multimedia yang lainnya. 

·           Sebagai Gaya Hidup Masa Kini
Memiliki gadget terkadang bisa menjadi sebuah gaya hidup seseorang berubah, karena terkadang seseorang menggunakan gadget ini hanya untuk memperkuat kepercayaan dirinya atau status sosialnya (gaya gayaan). Sisi lainnya supaya tidak ketinggalan trend terkini.

4 Ciri-ciri anda sudah kecanduan menggunakan Gadget :


Apakah setiap kali Anda sedang melakukan aktifitas sehari-hari seperti (bekerja, mengendarai kendaraan, menonton film, makan bahkan ingin ke kamar kecil) Anda masih terus-terusan mengecek handphone? Atau saat sedang hangout bersama teman-teman dekat, Anda bukannya ikut mengobrol tetapi malah asyik sendirian dengan ponsel? Mungkin ada benarnya Anda dapat di kelompokkan kedalam kualifikasi sebagai pecandu handphone (bukan pecandu narkoba ya gan). Anda akan menjadi seorang pecandu handphone ketika Anda sudah tidak bisa lagi berhenti menggunakan gadget setiap harinya seperti smartphone atau tablet, hal ini bahkan sampai pada tahap membahayakan hidup Anda.

Karena kebiasaan menggunakan gadget tersebut, pada akhirnya jam tidur kita terganggu, karena ketika hendak tidur masih suka mengecek dan mengotak atik handphone, sehingga membuat otak kita tetap aktif dan tidak istirahat. Oleh karena itu, efek yang selanjutnya timbul malah bisa lebih parah lagi, seperti kesulitan untuk mengingat sesuatu (pelupa), kekurangan kemampuan untuk belajar (males belajar), atau bahkan untuk berpikir jernih (kagak mau pusing).

Berikut beberapa daftar tanda-tanda bahaya bahwa Anda sudah kecanduan gadget :
·      Tanda-tanda paling utama adalah Anda tak bisa lepas dari handphone atau gadget utama Anda (selalu dibawa kemanapun anda melangkah), dan bukan hanya orang lain yang mengatakannya, namun Anda pun sebenarnya menyadarinya.
·    Tanda yang satu ini yang paling ditakutkan yakni jika Anda merasa cemas, ingin marah, atau merasa tidak nyaman saat handphone tidak ada di dekat Anda, itu adalah tanda bahaya bahwa Anda sudah mulai kecanduan (waspadalah-waspadalah).


·       Jadi waspadalah jika Anda tetap nekat menggunakan gadget di saat-saat yang berisiko tinggi, dan Anda pun sebenarnya tahu seharusnya Anda tidak melakukannya, ini berarti Anda tak bisa lagi mengendalikan keinginan Anda untuk menggunakan gadget tersebut dan mungkin Anda sudah pada tahap kecanduan gadget.
·   Apabila Anda sudah berlama-lama menggunakan handphone Anda, namun masih terus berhasrat menambahkan “dosis” penggunaannya seperti orang yang menggunakan narkoba atau meminum alkohol, itu juga tanda-tanda Anda kecanduan.

Jadi kesimpulannya sebenarnya tidak ada yang salah jika kamu ingin membeli gadget, sebab pada dasarnya kebutuhan dan kegunaan setiap orang memang berbeda. Karena pada dasarnya apapun gadget yang ingin kamu beli, kegunaan utama pastinya untuk mempermudah komunikasi dan membantu mengakses informasi secara cepat.
Jadi saran saya jangan asal membeli, pilihlah gadget yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu!
Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Mengenal Lebih Dekat Penggunaan Gadget, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Sarkomet berkata “Salam Satu Jiwa”.

7 komentar:

  1. artikelnya sangat membantu gan... saya tunggu artikel barunya gan.. biar menambah luas wawasan yag ane miliki. thanks

    BalasHapus
  2. wahh banyak juga ya jenis-jenis gadget

    BalasHapus
  3. bermanfaat banget artikel ini gan

    BalasHapus
  4. judulnya lebih mengarah ke pentingnya pengguanan gadget untuk kegiatan positif

    BalasHapus
  5. wah jadi tambah wawasan nih.. thanks min

    BalasHapus
  6. ane udah kecanduan ni gan ini cara menghilangkan kebisaaan ini gimana gan

    BalasHapus
  7. Waaaah baru tau nih. Sangat bermanfaat. Thx infonya gan

    BalasHapus