Bacaan Terbaru

Manfaat Jogging Yang Perlu Anda Ketahui


Salah satu hal yang sangat penting dalam menjaga kesehatan adalah dengan berolahraga, salah satu bentuk olahraga yang paling sederhana yang dapat dilakukan semua orang adalah jogging, olahraga ini dapat dianjurkan kepada orang semua usia, karena relatif ringan dan tidak memerlukan keterampilan khusus. Jogging merupakan aktivitas atau olahraga lari kecil yang sering dilakukan di pagi hari ataupun sore hari yang bertujuan untuk menjaga kesehatan tubuh. Jogging adalah jalan cepat atau lari kecil untuk menyerap oksigen dan memfungsikan jantung agar bekerja lebih cepat dari biasanya.

Jogging memiliki efek yang sangat positif pada tubuh Anda karena membuat tubuh menjadi aktif bergerak, sehingga dengan demikian efek positif dari Jogging adalah meningkatnya sirkulasi darah yang akan membantu memperkuat jantung. Jogging juga akan membantu mencegah gangguan pada sistem pencernaan, membuat tubuh untuk tetap aktif adalah membantu tubuh untuk membakar lemak sehingga berat badan tetap terkontrol.

Jogging saat ini memang sudah menjadi kebutuhan primer bagi manusia. Hal ini dikarenakan berbagai manfaat yang bisa didapatkan ketika melakukan aktivitas tersebut. Adapun salah satunya manfaat jogging adalah memberikan efek positif pada tubuh karena menjadi aktif bergerak. Maka dengan begitu sirkulasi darah yang baik akan membantu memperkuat kesehatan jantung. Selain itu masih banyak lagi manfaat jogging lainnya, adapun penjelasannya adalah berikut ini.

Manfaat Jogging yang Perlu Anda Ketahui


1.    Manfaat Kesehatan Fisik
Olahraga Jogging ini sangat baik untuk membakar lemak, jika dilakukan secara rutin maka olahraga ini akan dapat menurunkan berat badan secara efektif. Selain membakar lemak, jogging dapat memberikan ketahanan stamina, anda tidak cepat lelah dan juga tidak mudah terkena sakit. Tulang anda semakin padat sehingga anda terhindar dari penyakit keropos tulang. 

Selain itu, metabolisme tubuh anda tentunya juga semakin baik karena kemampuan jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh menjadi semakin baik. Bagi Anda yang memiliki nafsu makan rendah, jogging bisa membantu meningkatkan nafsu makan. Begitu pun bagi Anda yang mengalami stres atau depresi dapat dibantu kembalinya nafsu makan dengan berjogging.

Rutin menjalankan jogging mampu meningkatkan stamina dan berdampak positif dalam kehidupan sehari-hari. Jika Anda merasa lesu sepanjang hari ketika bekerja, mulailah melakukan jogging secara rutin. Kekebalan tubuh dapat meningkat dengan rutin melakukan olahraga, salah satunya jogging. Tidak hanya melatih kinerja jantung, jogging juga dapat mengurangi tekanan darah dan membuat Anda terhindar dari berbagai penyakit.


Tidak hanya bermanfaat bagi fisik, jogging pun membantu Anda secara psikologis …

2.    Manfaat Kesehatan psikologis
Para penggiat jogging ini akan lebih percaya diri karena telah dapat mengalahkan rasa malas di pagi hari saat bangun tidur atau dengan perkataan lain, mereka telah berhasil memulai hari dengan langkah-langkah berat mereka sehingga diharapkan waktu sisanya di hari tersebut akan dapat dilalui dengan langkah yang ringan. Selain itu, para jogger pagi akan selalu berpikir positif dan optimis. 

Jogging menjaga kekebalan tubuh dan membentuk postur tubuh lebih sempurna. Secara tidak langsung, jogging membantu Anda lebih percaya diri, dengan bentuk tubuh lebih sempurna ditambah mood bahagia yang muncul karena rajin berolahraga. Ketika Anda berjogging bukan tidak mungkin akan mendapatkan banyak kenalan baru. Dimulai dari berbincang di sela jogging, Anda mungkin bisa menemukan sahabat atau patner bisnis baru.

Ingin menghilangkan kepenatan untuk sementara? Luangkan waktu untuk jogging biarkan tubuh Anda menikmati olahraga ini sambil menghirup udara segar, bagi Anda yang sedang marah atau kesal, sprint bisa membantu mengatasinya. Saat jogging, tubuh memproduksi hormon yang disebut endorfin. Hormon ini memberikan rasa bahagia atau euforia sehingga bisa membantu menghilangkan stres.

Jika Anda memiliki gangguan tidur, jogging akan sangat membantu Anda untuk mengatasinya. Ketika Anda mulai rutin jogging, maka selanjutnya Anda akan dapat tidur dengan lebih baik dan berkualitas. Jogging di pagi hari akan membantu tidur yang lebih baik pada malam harinya. Anda akan merasa lebih santai dan bisa tidur melalui sepanjang malam. Jika Anda menderita insomnia, keluar rumah jalan-jalan setiap pagi akan benar-benar dapat membantu Anda.


Selain manfaat-manfaat jogging diatas, Anda juga akan menghemat uang karena tidak perlu latihan ke gym. Jadi Anda cukup membeli sepasang sepatu jogging, memulai peregangan sedikit dan jogging sudah bisa dimulai.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang "Manfaat Jogging Yang Perlu Anda Ketahui", semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda semua.


Sarkomet berkata “Salam Satu Jiwa”.

2 komentar:

  1. wah kbetulan saya kurang joging, setelah saya baca joging bnyak manfaat tinggal aplikasinya aja dlm khidupan sehari-hari

    BalasHapus
  2. dua hari ini pagi-pagi saya jogging, benar juga manfaat yang ada pada tulisan ini

    BalasHapus