Bacaan Terbaru

Investigasi Kecelakaan Transportasi Oleh KNKT


Kementerian Perhubungan,- Transportasi adalah salah satu mata rantai jaringan distribusi barang dan mobilitas penumpang yang berkembang sangat dinamis, serta berperan di dalam mendukung, mendorong, dan menunjang segala aspek kehidupan, baik dalam pembangunan politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan. Kecelakaan transportasi adalah peristiwa atau kejadian pengoperasian sarana transportasi yang mengakibatkan kerusakan sarana transportasi dimaksud, korban jiwa dan/atau kerugian harta benda.

Investigasi kecelakaan transportasi terhadap penyebab kecelakaan transportasi dengan cara pengumpulan, pengolahan, analisis dan penyajian data secara sistematis, dan obyektif agar kecelakaan transportasi dengan penyebab yang sama tidak terulang kembali.


Pelaksanaan tugas investigasi kecelakaan transportasi oleh KNKT dilakukan tidak untuk menentukan kesalahan dan kelalaian atas terjadinya kecelakaan tetapi dimaksudkan untuk mencegah terjadinya kecelakaan transportasi dengan penyebab yang sama.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) merupakan lembaga non-struktural yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mempunyai tugas :

Ø      Melaksanakan investigasi kecelakaan transportasi;
Ø    Memberikan rekomendasi hasil investigasi kecelakaan transportasi kepada pihak terkait;
Ø   Memberikan saran dan pertimbangan kepada Presiden berdasarkan hasil investigasi kecelakaan transportasi dalam rangka mewujudkan keselamatan transportasi.


Peraturan Presiden RI Nomor 2 Tahun 2012 Tentang Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menetapkan bahwa untuk meningkatkan efektivitas pelaksanaan tugas dan fungsi investigasi kecelakaan transportasi perlu menyempurnakan organisasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sebagaimana ditetapkan dalam Keputusan Presiden Nomor 105 Tahun 1999 tentang Komite Nasional Keselamatan Transportasi diteruskan keberadaannya berdasarkan Peraturan Presiden.

Dalam melaksanakan tugas KNKT dapat bekerja sama dengan pihak lain dan meminta data dan keterangan kepada pejabat instansi terkait, lembaga/organisasi profesi terkait, masyarakat, dan/atau pihak lain yang dipandang perlu. KNKT dapat melakukan klarifikasi dan monitoring terhadap proses tindak lanjut atas rekomendasi hasil investigasi kecelakaan transportasi yang dilakukan pihak terkait.


Kementerian Perhubungan, Khususnya Satuan Kerja Komite Nasional Keselamatan Kerja terus menggencarkan sosialisasi keselamatan transportasi jalan diseluruh provinsi, hal ini sebagai upaya menurunkan angka kecelakaan lalu lintas di jalan “Keselamatan bukan barang murah”, karena itu pemerintah pusat memotivasi pemerintah daerah untuk terus meningkatkan sosialisasi keselamatan jalan.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang "Investigasi Kecelakaan Transportasi Oleh KNKT", semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda semua.
Sarkomet berkata “Salam Satu Jiwa”.

4 komentar:

  1. Parah, jumlah angka kecelakaan menjadi meningkat

    BalasHapus
  2. semoga KNKT dapat melaksanakan tugasnya dengan baik

    BalasHapus
  3. Harapnnya dengan adanya berita seperti ini masyarakat lebih berhati-hati dalam berkendara.
    Nice article. Thanks.

    BalasHapus
  4. Harus berhati hati lagi nih dalam berkendara

    BalasHapus