Bacaan Terbaru

Alat Bantu Berlatih Yoga



Yoga Wheel merupakan sebuah lingkaran yang umumnya terbuat dari bahan kayu untuk meperdalam streching pose yoga yang lebih menantang. Yoga wheel merupakan salah satu alat bantu untuk berlatih yoga selain Gym Ball, bahkan penggunaan roda (wheel) dinilai jauh lebih efektif dan manjur daripada gym ball yang memiliki tekstur lembek dan mudah melar. Dalam berlatih yoga dengan menggunakan alat bantu gym ball posisi tubuh dan tulang belakang sulit dipertahankan berbeda dengan penggunaan yoga wheel, roda elastis dibuat untuk menyesuaikan kontruksi tubuh manusia terutama pada bagian punggung.

Selain tulang punggung, wheel atau roda bisa digunakan untuk perut, yakni tengkurap di atas roda dengan tangan dan kaki direntangkan. Berat tubuh dan keseimbangan bertumpu pada perut, gerakan tersebut bertujuan melatih kekencangan perut, struktur tubuh dan balancing. Tetapi untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan latihan rutin terutama fokus menempatkan tumpuan pada center of body

Posisi lain yang dapat dilakukan dengan roda adalah cat pose yang dimodifikasi, lakukan cat pose tetapi dengan satu kaki direntangkan ke atas wheel kemudian kedua tangan bertumpu pada lantai sejajar dengan bahu. Tujuan dari posisi ini adalah untuk memanjangkan letak tulang dan mengurangi cedera.

Bagi pemula, menggunakan yoga wheel tidak mudah seperti yang dibayangkan, roda tersebut bukan sebatas alat bantu atau alat peraga tetapi juga mendukung keberhasilan pose namun demikian memang sangat dianjurkan bagi pemula untuk menggunakan wheel karena dapat membantu membuat beberapa gerakan. 

Roda yang melengkung tepat untuk membantu gerakan serta mengembalikan posisi dan performa tulang belakang karena struktur tulang punggung manusia tidak rata tetapi melengkung dan dihubungkan persendian, jadi saat terjadi back pain beberapa sambungan persendian bisa mengalami trauma yang mengakibatkan sulit bergerak.


Dalam melakukan pose yoga, yang terpenting adalah latihan pernapasan dan kenyamanan, yoga tidak disarankan untuk memaksakan diri ketika melakukan pose-pose menantang yang membutuhkan kelenturan otot dan fleksibilitas tubuh yang bagus. 

Namun, masih banyak orang yang memaksakan tubuhnya melewati batas dan berujung cedera, karena itu manfaat menggunakan properti untuk yoga seperti wheel (roda) sangat berguna untuk mengurangi resiko cedera. Wheel juga bisa menambah kesadaran atau awareness dalam menjaga aktivitas bagian tubuh tertentu, bagian itu perlu dijaga selama melakukan sebuah pose agar terhindar dari cedera.

Pemakaian alat bantu yoga wheel sangat baik bagi ibu hamil, karena saat usia kandungan makin tua rata-rata kekuatan tulang belakang ikut menurun, biasanya untuk melemaskan pinggang dan bagian kepala yang tegang.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang "Alat Bantu Untuk Berlatih Yoga", semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Sarkomet berkata “Salam Satu Jiwa”.

Tidak ada komentar