Bacaan Terbaru

8 Keuntungan menjalankan Bisnis Online


Dijaman era Digitalisasi saat ini dengan terus berkembangnya teknologi yang serba modern nampaknya sudah banyak dimanfaatkan oleh sebagian pengguna internet untuk mencari peluang usaha sampingan melalui program online. Namun untuk memulai sebuah usaha seperti ini tentunya diperlukan kecermatan, keahlian, ketelitian serta kerja keras, apalagi jika anda masih seorang pemula yang ingin mencoba belajar untuk memulai dan mendalami bisnis online tersebut.

menjalankan bisnis online cara kerjanya hampir sama seperti menjalankan bisnis offline yang terjadi di dunia nyata. Suatu bisnis yang jika anda benar-benar menekuninya pada akhirnya akan dapat berubah menjadi bisnis yang sangat besar. Belakangan ini para pengguna bisnis online sudah merambah ke berbagai golongan, mulai dari masyarakat golongan atas hingga masyarakat golongan bawah. Sudah banyak contoh-contoh keuntungan yang didapat selama menjalankan bisnis online, salah satunya Online Shop dapat dikunjungi oleh calon konsumen kita setiap saat selama 24 jam full setiap harinya, tempat tersebut akan selalu terbuka bagi calon konsumen kita. Bahkan saat kita sudah tidur sekalipun, transaksi masih dapat tetap terjadi.



Yang namanya bisnis online tentunya bisnis yang dijalankan melalui media internet, setiap orang yang memiliki koneksi internet bisa menjalankan bisnis online jika mempunyai produk yang ingin dijual . Target marketnya pun tidak terbatas hanya di Indonesia karena dengan adanya media online kita dapat menjual produk kemana saja baik lokal maupun internasional. Mungkin banyak orang yang bertanya, Apakah benar melalui internet dapat menghasilkan uang? Jawabannya sangat mungkin dan benar sekali karena sudah banyak para pembisnis online yang sukses dan kaya raya. 

Oleh karena itu, saat ini mendapatkan penghasilan tidak harus berfokus di lakukan secara offline, di zaman yang sudah serba canggih ini hampir semua aspek kegiatan bisa di lakukan secara online. Maka dari itu bukan hal yang mustahil kita bisa mendapatkan penghasilan dari kegiatan bisnis online, bahkan penghasilan yang bisa kita hasilkan dari bisnis online mungkin lebih besar dari pada penghasilan selama kita melakukan bisnis offline. Selain keuntungan yang sudah dijelaskan diatas, bisnis online masih mempunyai banyak keuntungan dan manfaat seperti meminimalisir biaya, menghemat waktu, tempat dan lainnya.

1.    Tidak Terbatas Oleh Ruang Dan Waktu


Keuntungan pertama yang kita dapatkan ketika menjalankan bisnis online adalah kemudahan dalam menjalankannya, kita tidak perlu mencari ataupun menggunakan tempat yang strategis, tidak memperdulikan berapa lama waktu yang kita butuhkan dan juga berapa hari yang akan kita gunakan, Semuanya terserah pada diri kita sendiri. Jadi dapat disimpulkan asalkan kita sudah memiliki perangkat dan koneksi internet di manapun dan kapanpun kita bisa menjalankan bisnis online.

2.    Modal Yang Dikeluarkan Tidak Terlalu Besar


Keuntungan yang kedua dari bisnis online adalah kita tidak membutuhkan modal yang besar dan bahkan kita bisa memulai menjalankan bisnis online tanpa modal sekalipun dengan menjadi seorang reseller, yang terpenting kita memiliki komputer atau laptop yang tersambung dengan jaringan internet atau juga bisa menggunakan smartphone.

3.    Bisnis Dengan Potensi Internasional


Internet merupakan media jaringan global yang mana penggunanya saling terhubung di seluruh dunia. Bisnis online yang sekarang kita jalankan meskipun produk tersebut buatan lokal, akan tetapi banyak juga dicari oleh orang di luar negeri sana, Jika kita memiliki produk berkualitas dengan harga tidak terlalu mahal, Jadi dengan bisnis online, Usaha yang kita jalankan memiliki potensi untuk go internasional.

4.    Penghasilan Yang Besar

Bisnis online adalah jenis bisnis yang tidak bisa kita ketahui dengan pasti berapa jumlah keuntungan yang akan kita dapatkan, semua itu tergantung dari kondisi pasar secara global, semua itu tergantung dari produk yang anda jual. Oleh karena itu kita harus pintar dan cerdik dalam mencari sebuah produk yang akan dijual serta disesuaikan dengan seberapa besar minat banyak orang untuk membeli produk tersebut. Jika kita sudah bisa membaca pasaran, maka bukan hal yang mustahil kita akan mendapatkan penghasilan yang besar melebihi penghasilan bekerja pada umumnya.

5.    Bebas Pajak


Di dalam kehidupan nyata ketika menjalankan bisnis offline seperti membuka usaha toko komputer, maka kita di wajibkan membayar pajak baik itu pajak bangunan maupun pajak pendapatan. Namun berbeda hal nya dengan membuka atau menjalankan bisnis online, sebesar apapun bisnis anda, sebesar apapun penghasilan anda asalkan usaha anda bersifat online maka tidak akan ada yang namanya pajak dalam bentuk apapun. Namun demikian meskipun menjalankan bisnis online bebas pajak tetapi kita sebagai warga negara yang baik maka usahakan untuk tetap membayar pajak.

6.     Kebebasan Dalam Berpakaian


Keuntungan selanjutnya dalam menjalankan bisnis online yakni kebebasan berpakaian, inilah yang mungkin tidak akan pernah bisa dirasakan oleh pekerja kantoran pada umumnya. Jadi bersyukurlah anda yang saat ini bekerja sebagai pebisnis online karena anda bebas memilih sesukanya 'seragam kerja' dengan model apapun, termasuk hanya memakai kaos oblong dan celana pendek saja.

7.    Tidak Terikat Lembaga


Keuntungan selanjutnya adalah tidak ada lembaga khusus yang menaungi bisnis online tidak seperti ketika menjalani bisnis nyata. Anda dapat dengan bebas berpindah-pindah dari satu model bisnis ke model bisnis online lainnya. Kebebasan inilah yang memudahkan anda untuk mendapatkan lebih dari satu pekerjaan di internet.

8.    Tidak Membutuhkan Banyak Tenaga


Bisnis online bisa dikatakan sebagai pekerjaan yang santai dan tidak memerlukan banyak tenaga, jadi pada saat bulan puasa pun kita tidak akan terganggu dengan aktifitas bisnis online ini, karena pada kenyataanya kita hanya duduk seharian di depan laptop / komputer.

Namun demikian selain keuntungan bisnis online, ternyata ada juga kekurangan bisnis online yang harus kita pahami, agar bisnis online tersebut bisa terus berjalan dengan lancar. 

Berikut ini adalah contoh beberapa kekurangan menjalankan bisnis online :

·           Maraknya Penipuan Online


Makin menjamurnya jumlah pemain bisnis online baru yang terkadang ingin cepat sukses dalam menjalankan bisnis online tanpa berpikir panjang, hal tersebut gampang sekali dapat dimanfaatkan para penipu untuk 'melempar jaring' agar mendapatkan mangsanya yakni dengan iming-iming cara cepat mendapatkan keuntungan atau sejenisnya. Oleh karena itu jangan mudah percaya dengan model bisnis online yang menjanjikan cara mendapatkan uang dari internet dengan cepat dan mudah, seperti bisnis investasi bodong, MLM atau bisnis dengan produk yang tidak jelas lainnya.

·           Jarang Tersentuh Hukum


Meskipun saat ini sudah ada undang-undang ITE yang melindungi hak konsumen namun tetap saja kasus penipuan online yang telah terjadi jarang sekali tersentuh hukum dan berakhir pada pengadilan, dengan alasan tidak cukup bukti atau alasan lainnya dan mungkin juga karena si korban malas untuk melapor ke polisi.

·           Penyebaran Internet Belum Merata


Tidak perlu jauh-jauh melihat ke luar pulau ataupun kepedalaman bahkan ke daerah-daerah tertinggal, di Jawa saja misalnya khususnya daerah Jawa Timur masih ada beberapa tempat yang belum tersentuh atau tersambung oleh jaringan internet. Masalah lain terkait internet yakni masih mahalnya harga smartphone yang mungkin tidak dapat terjangkau oleh kalangan menengah kebawah.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang 8 Keuntungan Menjalankan Bisnis Online, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Sarkomet berkata “Salam Satu Jiwa”.

Tidak ada komentar