Bacaan Terbaru

7 Contoh Rantai Makanan Yang Ada Di Darat dan Dilaut


Rantai makanan adalah rangkaian suatu peristiwa makan dan di makan antar kelompok makhluk hidup untuk kelangsungan hidupnya. Proses makan dan dimakan ini berdasar pada urutan tertentu dan berlangsung continue. Dalam ekosistem ini semua makhluk hidup mempunyai perannya masing-masing, mulai dari yang berperan menjadi produsen, menjadi konsumen dan beberapa menjadi dekomposer (pengurai).

Rantai makanan itu sendiri sejatinya dapat dengan mudah kita temukan, bahkan di sekitar tempat tinggal kita. contoh yang paling umum adalah rumput yang tumbuh liar di halaman rumah kita yang dimakan oleh serangga, namun tidak lama kemudia serangga tersebut dimakan oleh ayam, lalu besoknya ayam tersebut disembelih dan dimakan oleh kita sebagai konsumen akhir, tetapi setelah kita memakan ayam tersebut keselek tulang ayam menyebabkan kematian, ketika kita dikubur tubuh kita akan menjadi rantai makanan terakhir yakni menjadi dekomposer atau istilah kerennya pengurai. hehehe (serem euy). tetapi itulah siklus rantai makanan yang merupakan siklus alami didalam kehidupan.


kembali ke topik semula, Definisi rantai makanan adalah perpindahan suatu energi makanan dari sumber daya tumbuhan melalui jaringan organisme atau melalui jenjang makan (tumbuhan → herbivora →  carnivora →  omnivora). Pada setiap tahapan pemindahan energi, 80% s/d 90% energi potensial hilang sebagai energi panas, oleh karena itu langkah-langkah dalam rantai makanan cukup terbatas hanya 4 hingga 5 langkah saja. Jadi dengan pengertian lain semakin pendek tahapan rantai makanan semakin besar energi yang tersedia

Setiap rantai makanan pasti memiliki urutan yang berbeda - beda tergantung pada panjang pendeknya rantai makanan tersebut dan siapa yang menjadi puncak tropiknya. Setiap lokasi ekosistem atau lingkungan yang berbeda maka akan terdapat siklus rantai makanan yang berbeda pula seperti rantai makanan yang berada di laut tidak akan sama dengan rantai makanan ada di darat.

Berikut 7 contoh rantai makanan yang ada di darat dan di laut :

1.     phytoplankton → udang → ikan → manusia;
2.     phytoplankton → ikan → anjing laut → paus;
3.     rumput → belalang →ayam → ular;


4.     tumbuhan → belalang → burung pipit → burung elang;
5.     rumput → ulat → ayam → burung elang;
6.     rumput → zebra → singa → pengurai;
7.     rumput → kelinci → ular → burung elang → pengurai;

Suatu ekosistem dalam hal ini kehidupan flora dan fauna, biasanya memiliki hingga konsumen tingkat empat atau disebut konsumen puncak. Yang dimaksud Konsumen puncak adalah hewan/binatang yang tidak dapat dimakan lagi oleh hewan lainnya (mangsanya). Pada contoh siklus di atas yang menjadi konsumen puncak adalah burung elang. Pada semua ekosistem baik di darat maupun di laut pasti terdapat rantai makanan, rantai makanannya bervariasi bisa panjang dan bisa pula pendek. Contoh rantai makanan pendek yaitu buah jambu dimakan oleh kelelawar kemudian kelelawar mati baru kemudian diuraikan oleh bakteri.


Contoh gambar urutan peristiwa makan dan dimakan di atas dapat berjalan seimbang dan lancar apabila seluruh komponen tersebut ada. Bila salah satu komponen tidak ada, maka akan terjadi ketidak seimbangan dalam urutan kelompok makan dan dimakan tersebut. Agar rantai makanan dapat terus berjalan, maka jumlah produsen harus lebih banyak daripada jumlah konsumen pertama, konsumen pertama lebih banyak daripada konsumen kedua, dan begitulah seterusnya.

Selain itu ada satu lagi komponen yang berperan sangat besar dalam rantai makanan, yaitu pengurai. Yang dimaksud Pengurai adalah makhluk hidup yang dapat menguraikan kembali zat-zat yang semula terdapat dalam tubuh makhluk hidup yang telah mati. Hasil kerja dari pengurai dapat membantu proses penyuburan tanah. Contoh pengurai adalah bakteri dan jamur.

Itulah beberapa contoh dari rantai makanan yang berada di darat ataupun yang ada di laut. Sebenarnya masih banyak lagi contoh dari rantai makanan ini, mungkin kalian sendiri pun bila telah membaca dan memahami mengenai arti dari rantai makanan diatas, maka pasti anda akan bisa menyebutkan beberapa contoh rantai makanan yang lainnya selain yang telah saya terangkan disini.


Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang “7 Contoh Rantai Makanan Yang Ada Di Darat dan Dilaut”, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda semua.
Sarkomet berkata “Salam Satu Jiwa”.

7 komentar:

  1. jadi inget pelajaran sd gan, wkwkwkwkwkwk rantai makanan kalo gak salah waktu kelas 5

    BalasHapus
  2. sedikit nostalgia dengan masa sd yang masi ingusan haha
    ty gan,

    BalasHapus
  3. terimakasih artikelnya bagus sekali, semakin bermanfaat bagi penerus nusa bangsa.

    BalasHapus
  4. Sayang sekali sekarang banyak rantai makanan yang terputus gara-gara ulah manusia.

    BalasHapus
  5. terima kasih ya :)
    bacaan kali ini sangat berguna untuk saya dan juga para pembacaa artikel ini :)

    saat ini saya juga mencoba menuliskan sebuah website ini, mohon tolong di periksa ya apakah ada kesalah dalam artikel yang sayaa tulis ?
    >>> https://goo.gl/bktBh8 <<<< >>> https://goo.gl/VhuWuD <<<

    BalasHapus
  6. Wkwkwkwkwk ty gun......wkwkwkwk

    BalasHapus