Bacaan Terbaru

Apa Itu Bacaan Informasi


Membaca merupakan salah satu kegiatan untuk mendapatkan informasi. Dengan membaca kalian dapat memperoleh berbagai informasi, baik yang berupa pengetahuan, pelajaran, maupun informasi lainnya. Tujuan utama dalam membaca erat sekali berhubungan dengan maksud tujuan, atau intensif kita dalam membaca. Setiap orang yang membaca pastinya ada tujuan tersendiri, ketika membaca dengan tujuan tertentu biasanya lebih memahami maksud dan tujuan membaca dibanding dengan orang yang hanya sekedar membaca tanpa tujuan.

Tujuan membaca dapat mempengaruhi pemahaman bacaan, hal ini berarti semakin kuat tujuan seorang untuk membaca maka semakin meningkat pula kemampuan orang itu untuk memahami bacaan. 



Berikut beberapa manfaat membaca yang kami ketahui antara lain :
  • Mendapat banyak pengalaman hidup;
  • Mendapat pengetahuan umum dan informasi tertentu yang berguna bagi kehidupan;
  • Dapat mengetahui berbagai peristiwa kebudayaan dan sejarah suatu bangsa;
  • Bisa mengikuti perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan terbaru di dunia;
  • Bisa memperkaya batin, memperluas cara pandang dan pola pikir, mampu meningkatkan taraf hidup untuk keluarga, masyarakat, nusa dan bangsa;
  • Bisa menyelesaikan berbagai masalah kehidupan dan mengantarkan seseorang menjadi pandai;
  • Bisa memperkaya perbedaan kata atau istilah lainnya yang menunjang ketrampiral menyimak bacaan;
  • Meningkatkan potensi setiap pribadi dan meningkatkan desistensi dan lainnya.


Membaca merupakan sebuah proses untuk mengetahui berbagai informasi-informasi tertentu dari berbagai literatur yang ada. Dewasa ini seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi, sejumlah informasi tidak hanya ditemukan dalam buku-buku yang telah dikemas rapi, akan tetapi beragam informasi sudah dapat diakses diberbagai media online yang secara khusus menyajikan sejumlah informasi yang kita inginkan yang dapat diakses dimanapun anda berada tanpa mengenal ruang dan waktu tertentu.


Tanpa kita sadari, manfaat membaca buku dapat memberikan banyak inspirasi bagi kita, namun sayangnya kegiatan membaca buku akhir-akhir ini telah banyak diabaikan berbagai kalangan dengan alasan kesibukan, maupun karena adanya media yang lebih praktis untuk mendapatkan informasi seperti televisi, radio, maupun media internet.

Jaman modern merupakan jaman yang sudah maju, artinya bahwa perkembangan jaman sudah semakin modern dan serba teknologi. Maka dari itu teknologi dan informasi merupakan ujung tombak dari perkembangan jaman, pentingnya teknologi berpengaruh terhadap masyarakat dalam segala bidang. Manfaat Teknologi Informasi bagi masyarakat sudah betul dirasakan, dengan adanya teknologi informasi sangat berpengaruh bagi masyarakat. Kami yakin tanpa informasi kita tidak maju. Masyarakat Pedesaan hari ini sudah harus kenal tentang Teknologi dan Informasi, mereka bisa mencari Informasi dalam bidang apapun dengan Teknologi. 

Tips Membaca Buku Secara Efektif

·   Pilihlah waktu luang yang tepat untuk membaca buku, misalnya saja saat  malam hari menjelang tidur.
·   Pilih posisi yang nyaman pada saat membaca buku, misalnya dengan duduk di kursi. Selalu atur jarak antara mata dengan buku, yaitu sekitar 25 hingga 30 cm.
·  Menentukan tujuan membaca buku untuk mendapatkan hasil yang optimal. Seseorang yang membaca buku tanpa tujuan, sama saja dengan seorang pengembara yang tak tahu arah.
·   Sebelum membaca sebaiknya kita mengetahui gambaran besar tentang isi buku, hal tersebut akan mempermudah konsentrasi pada saat membaca.
·   Selalu fokus pada apa yang kita baca.
·   Menjadi pembaca yang aktif, dalam artian kita bisa melakukan dialog dengan buku. Misalnya saja kita bisa membuat berbagai pertanyaan yang nantinya akan kita temukan jawabannya di dalam buku yang kita baca.


Gemar membaca tidak tumbuh begitu saja. Sebagian orang tua mencoba untuk rutin membacakan cerita atau mendongeng sebagai pengantar tidur anak-anak mereka. Ada orang tua mendongeng dengan mengarang cerita mereka sendiri atau membacakan sebuah buku. Sementara orang tua membacakan cerita, anak-anak mendengarkan sambil melihat gambar-gambar yang ada dalam buku. Dari sini petualangan imajinasi anak dimulai, bahkan cerita kadang terbawa dalam mimpi.

Ada banyak manfaat membaca, di antaranya membantu pengembangan pemikiran dan menjernihkan cara berpikir, meningkatkan pengetahuan, meningkatkan memori dan pemahaman. Dengan sering membaca, seseorang mengembangkan kemampuan untuk memproses ilmu pengetahuan, mempelajari berbagai disiplin ilmu, dan menerapkan dalam hidup.


Gemar membaca juga dapat melindungi otak dari penyakit alzheimer, mengurangi stres, mendorong pikiran positif. Membaca memberikan jenis latihan yang berbeda bagi otak dibandingkan dengan menonton TV atau mendengarkan radio. Kebiasaan membaca melatih otak untuk berpikir dan berkonsentrasi.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang "Bacaan Informasi" semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Sarkomet berkata “Salam Satu Jiwa”.

2 komentar: