Bacaan Terbaru

Cara Ampuh Tingkatkan Prestasi Anak dengan Membaca


Kali ini saya akan memberikan sebuah postingan yang mudah-mudahan bermanfaat juga buat pembaca, dimana kali ini saya akan membahas sebuah artikel mengenai Cara Ampuh Meningkatkan Prestasi Anak Dengan Membaca. tentu masalah ini sangat penting sekali untuk kita bahas karena Salah satu cara untuk meningkatkan prestasi anak adalah dengan membaca. 

Siswa berprestasi di peroleh dengan kebiasaan dan kegemarannya membaca. Tidak hanya membaca buku pelajaran tetapi juga buku yang menambah wawasan yaitu buku referensi, buku hiburan (fiksi dan nonfiksi), jurnal, majalah serta browsing internet.
Nah untuk penjelasan detailnya mari kita simak pembahasannya di bawah ini :
Anda sebagai orang tua siswa pasti ingin meningkatkan prestasi belajar anak anda di sekolah. Sudah banyak tips dan cara untuk meraih prestasi belajar akademik yang Anda ketahui. Kunci utama agar Anak anda memperoleh hasil belajar adalah banyak membaca. Kenapa begitu?

Anda tak pernah mendengar seorang siswa berprestasi tapi malas atau kurang membaca, bukan? Yang Anda tahu, siswa berprestasi memiliki kebiasaan atau gemar membaca. Minat baca siswa tersebut cukup tinggi. Yang dibaca tidak hanya buku buku sumber atau materi pelajaran.

Anda juga perlu memperdalam pengetahuan atau wawasan dengan membaca buku referensi, buku hiburan (fiksi dan non fiksi), majalah, jurnal, browsing di internet dan lain sebagainya. Lalu, berapa jam kah waktu yang diperlukan untuk membaca setiap hari?


Jika ingin meningkatkan prestasi belajar anak anda lebih memuaskan, coba tingkatkan frekuensi waktu membaca, berikan masukan pada anak anda untuk memanfaatkan waktu-waktu luang seperti ketika Jam istirahat belajar di sekolah, segera kunjungi pustaka sekolah atau pustaka mini yang ada di kelas.

Di kantin, saat jam istirahat dan jajan, tak ada salahnya jika anak anda membaca buku kesukaannya. Di rumah, mungkin lebih banyak kesempatan untuk membaca. Yang penting ada kemauan dari anak anda untuk meningkatkan jumlah jam membaca setiap hari.

Sebenarnya Anda tak perlu mencekoki sang anak untuk membaca buku setiap waktu. Jika hanya membaca buku pelajaran maka Anak Anda akan merasa jenuh dan malah tak mau belajar lagi. Ada baiknya Anda mengenalkan kepada sang buah hati tentang berbagai buku pengetahuan atau wawasan lainnya untuk semakin diperdalam, misalnya dengan membaca ensklopedia, buku referensi, majalah, buku fiksi dan non fiksi serta majalah. 

Browsing informasi melalui internet juga merupakan hal yang baik untuk diperkenalkan kepada sang anak, sehingga nantinya ia dapat melihat berbagai informasi yang bermanfaat dari luar dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi. 

  
Sebenarnya jika bosan membaca buku di luar rumah, mengapa tidak sekali-kali membaca di rumah. Cobalah Anda membuat sebuah permainan yang menyenangkan dan ajaklah Anak untuk bermain. Permainan ini dapat dengan menebak jalan cerita isi buku cerita yang dimiliki dan kemudian dibaca bersama-sama. Bahkan dapat membuat jalan cerita sendiri yang terinspirasi dari buku yang dibaca bersama.

Bahkan ketika Anda sedang berjalan-jalan dengan sang anak, cobalah sekali-kali mengajaknya mampir ke perpustakaan kota ataupun mampir di taman kota. Perpustakaan biasanya merupakan tempat membaca dengan daerah baca yang nyaman untuk keluarga. Perkenalkanlah sang anak tentang perpustakaan dan kelebihan apa yang didapat jika suka membaca buku di perpustakaan.

Selain itu juga ada taman kota, sembari membawa buku kesayangan sang anak, ajaklah ia menikmati keindahan taman sambil duduk santai di taman kota. Lalu carilah tempat yang tenang dimana Anda dan anak dapat membaca buku dengan tenang di taman kota. 

Persoalannya, sejauhmana anda memiliki koleksi bahan dan sumber bacaan? Apakah anda memiliki koleksi bahan dan sumber bacaan dengan berbagai jenis? Sekarang dapat diambil benang merah bahwa, asal ada kemauan, dimana-mana dan kapan saja anak anda bisa membaca. Menambah pengetahuan dan wawasan dengan berbagai pengetahuan yang bermanfaat. Dengan cara ini anak anda akan dapat meningkatkan prestasi belajar di sekolah. 


Pastinya Anda harus mau menyisihkan uang yang Anda miliki untuk dialokasikan ke dalam buku bacaan untuk si anak. Anda pasti tak mau jika anak menjadi malas membaca karena ia sudah mulai bosan dengan buku bacaan yang dimiliki. Jika memang bisa, cobalah untuk menyisihkan uang Anda agar satu bulan sekali dapat membeli buku untuk Anak kesayangan Anda.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda tentang Cara Ampuh Meningkatkan Prestasi Anak Dengan Membaca, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda semua. 

Sarkomet berkata “Salam Satu Jiwa”.

Tidak ada komentar